Memahami Fungsi Media Promosi dan Jenis-Jenisnya

Memahami Fungsi Media Promosi

Bisnis yang Anda jalankan dapat dikatakan berhasil ketika penjualan dari produk atau jasa milik Anda mengalami sebuah peningkatan. Lalu, bagaimana kira-kira untuk mencapainya? Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan fungsi-fungsi promosi.

Bersamaan dengan dilakukannya upaya promosi tentunya tidak bisa dipisahkan juga dengan pemilihan media promosi yang digunakan. Mengingat bahwa fungsi media promosi sendiri ialah sarana yang akan mendukung jalannya kegiatan pemasaran produk Anda. 

Nah, artikel dari kali ini akan banyak menjelaskan seputar pengertian secara jelas media promosi, fungsi dan jenisnya, hingga bagaimana cara menentukan media promosi yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Banner - Ads General

Pengertian Media Promosi

Dalam prosesnya ketika menjalankan sebuah promosi barang atau jasa, ada satu hal cukup penting untuk diperhatikan. Hal tersebut ialah terkait media promosi seperti apa yang nantinya akan digunakan. Media promosi sendiri tersedia ke dalam berbagai macam jenis. Namun, sebelum kita berbicara lebih jauh tentang topik ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu media promosi?

Kata “promosi” mengandung arti sebagai suatu bentuk kegiatan komunikasi dalam bidang pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada calon pembeli atau konsumen. Maka dari pengertian tersebut, media promosi ialah sarana yang digunakan untuk mendukung kegiatan promosi atau pengenalan sekaligus menawarkan produk atau jasa kepada khalayak masyarakat.

4 Fungsi Media Promosi

4 Fungsi Media Promosi

Fungsi media promosi pada dasarnya ialah untuk memperkenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli. Namun, ternyata tidak sebatas itu saja. Ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh media promosi yang juga perlu Anda ketahui. Simak di bawah ini. 

1. Pengenalan Produk atau Jasa

Fungsi pertama dari media promosi tentunya adalah untuk mengenalkan produk atau jasa yang akan dijual kepada konsumen. Pengenalan ini mulai dari banyak segi, seperti bagaimana kualitasnya, kegunaannya, kelebihannya, harganya, dan masih banyak lagi lainnya. Memiliki pengetahuan akan hal tersebut, nantinya bisa membantu konsumen memahami produk atau jasa yang Anda jual.

2. Penawaran Produk atau Jasa

Selain berfungsi untuk pengenalan, tentunya media promosi juga digunakan sebagai penawaran dan bujukan kepada konsumen terkait produk atau jasa. Melalui penawaran tersebut, konsumen akan bisa terpengaruh dalam membangun keputusan pembelian dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 10 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial 

3. Menjaga Konsumen

Media promosi juga bisa Anda gunakan sebagai upaya untuk menjaga loyalitas konsumen terhadap barang atau jasa yang Anda jual. Tentunya hal ini harus diimbangi dengan pelayanan yang juga terbilang baik kepada setiap konsumen. 

4. Sarana Perbaikan

Fungsi media promosi yang terakhir adalah sebagai sarana perbaikan. Seperti misalnya, terjadi hal yang mengecewakan konsumen, maka Anda dapat melakukan promosi selanjutnya dengan menginformasikan bahwa produk sebelumnya telah melalui penyempurnaan yang lebih baik dari produk sebelumnya. 

Media Promosi Online

Jenis-jenis Media Promosi

Media promosi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media promosi online dan media promosi offline. Berikut penjelasan antara keduanya yang bisa membantu Anda untuk menentukan media promosi mana yang sesuai dengan bisnis Anda.

1. Media Promosi Online

Media promosi online adalah media pemasaran yang memanfaatkan keberadaan teknologi digital untuk memaksimalkan jangkauan informasi produk atau jasa. 

a. Media Sosial

Jenis media satu ini bisa terbilang cukup digemari oleh banyak pengusaha dalam melakukan promosi. Terdapat banyak macam media promosi yang digunakan melalui platform media sosial ini, baik secara gratis maupun berbayar. 

Untuk layanan berbayar sendiri keunggulannya adalah mampu menjangkau konsumen dengan lini yang luas, di antaranya layanan tersebut adalah Facebook Ads dan Instagram Ads.

Banner - Ebook Ads

b. Marketplace

Selain sebagai tempat berjualan, marketplace juga nyatanya dapat Anda gunakan untuk melakukan kegiatan promosi. Dengan cara menggunakan layanan tambahan seperti iklan berbayar untuk memasarkan produk yang Anda miliki.

c. Email Marketing

Pemasaran dengan menggunakan jenis media promosi satu ini sifatnya mampu membuat jangkauan yang lebih spesifik. Berbeda dengan jenis media promosi yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu mengumpulkan alamat email dari setiap calon konsumen Anda ketika ingin menggunakan jenis media promosi ini. 

Media Promosi Offline

2. Media Promosi Offline

Meskipun saat ini media promosi online semakin banyak digunakan, namun tidak membuat media promosi offline lantas hilang terkubur dari peradaban dalam kehidupan pemasaran. Nyatanya jenis media promosi ini masih juga dianggap sebagai media yang efektif oleh beberapa orang yang mungkin tidak terlalu akrab dengan internet. 

a. Brosur

Media promosi ini dilakukan dengan cara membagikan kertas yang telah berhasil dicetak ke setiap calon konsumen. Mungkin, media promosi jenis satu ini sudah jarang digunakan, namun sebenarnya tetap bisa cukup efektif ketika disertai dengan visual yang menarik serta informasi yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan secara jelas.

Baca juga: Ketahui 7 Cara Mengidentifikasi Target Pemasaran Produk UMKM

b. Papan Reklame/Billboard

Papan reklame atau sering juga dikenal dengan sebutan billboard merupakan bentuk media promosi yang menggunakan layar berukuran besar dan dipasang di luar ruangan atau tempat umum. Biasanya papan reklame terpasang dengan posisi yang cukup tinggi dan strategis di mana banyak orang dapat melihatnya. 

c. Poster

Jenis media promosi satu ini juga sangat sering Anda lihat di berbagai tempat umum yang mudah terlihat oleh banyak orang. Biasanya poster terbuat dari kertas berukuran A3 yang tidak terlalu besar. Fungsi dari poster sendiri juga sama dengan jenis media promosi lainnya, namun lebih sering digunakan untuk mempromosikan event atau jasa.

Mana Media Promosi Terbaik untuk Bisnis Anda

Mana Media Promosi Terbaik untuk Bisnis Anda?

Setelah kita membahas panjang lebar seputar pengertian media promosi, fungsi serta jenisnya, sampailah kita di tahap bagaimana cara menentukan media promosi yang terbaik untuk Anda jalankan. Berikut beberapa cara yang harus dipertimbangkan dalam menentukan media promosi :

1. Sesuaikan dengan Budget

Saat Anda hendak melakukan promosi dengan pembuatan iklan, maka yang harus dipertimbangkan adalah budget yang tersedia. Lalu dari anggaran inilah, Anda baru dapat memperhitungkan media promosi apa yang sesuai. 

Jika Anda memiliki budget besar, maka Anda dapat memilih menggunakan media promosi seperti billboard. Media promosi jenis ini mampu menjangkau konsumen dengan jumlah banyak, sebab tata letak pemasangannya yang terbilang selalu strategis. 

Namun, jika budget Anda tidak sebanyak itu, media promosi online seperti media sosial bisa dipilih sebagai alternatif untuk melakukan pemasaran. 

Baca juga: 11 Teknik Pemasaran dengan Media Sosial

2. Ketahui Segmentasi Pasar

Selanjutnya adalah dengan mengetahui segmentasi pasar dari bisnis Anda. Tanpa mengetahui hal berikut ini, tentunya akan sulit juga bagi Anda untuk menentukan media promosi apa yang sesuai. Misalnya jika segmentasi pasar Anda adalah generasi milenial, tentunya akan jauh lebih efektif jika Anda menggunakan media promosi online seperti media sosial, dan sejenisnya.

Banner - Lead Gen Ads

3. Pilih yang Sesuai dengan Materi Iklan

Anda juga bisa memilih media promosi mana yang paling efektif untuk bisnis Anda melalui cara menyesuaikannya dengan materi iklan atau pesan yang ingin disampaikan. Jika materi iklan Anda hanya berupa teks, media promosi seperti media cetak bisa Anda gunakan. 

Tentunya melalui materi iklan yang tepat dan sesuai dengan medianya, akan memudahkan pesan yang terkandung dalam iklan tersampaikan kepada segmentasi pasar Anda. 

Demikian penjelasan mengenai pemahaman fungsi media promosi dan jenis-jenisnya yang sangat bisa Anda terapkan untuk menjalankan kegiatan pemasaran. Jika Anda sedang menjalankan bisnis dan ingin agar produk Anda memiliki pencarian teratas pada mesin telusur, ToffeeDev hadir membantu mewujudkan keinginan tersebut. 
Jasa SEO Jakarta ToffeeDev tidak perlu diragukan lagi dalam meningkatkan bisnis Anda! Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, hubungi kami sekarang juga untuk mulai mengembangkan bisnis Anda ke level selanjutnya.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat