Impresi Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Meningkatkannya

impresi adalah

Bila Anda adalah seorang digital marketer atau pemilik bisnis yang sering terlibat proses kampanye, atau pembuatan konten di sosial media, tentunya sering mendengar istilah impresi. Metrik satu ini sangat penting dan berkaitan erat dengan keberhasilan efektivitas brand awareness suatu produk atau jasa dari bisnis. Mari kita kupas bersama pengertian, fungsi, dan cara meningkatkan impresi yang akan sangat berguna bagi bisnis Anda!

Pengertian Impresi

Impresi adalah istilah yang merujuk pada metrik yang digunakan untuk mengukur jumlah tampilan audiens pada sebuah konten. Misalnya, ketika total impresi suatu konten adalah 100, artinya konten tersebut telah tayang sebanyak 100 kali di layar audiens. Pada hal ini, bisa saja satu audiens yang sama melihat tayangan konten yang sama lebih dari satu kali.

Google memberikan definisi impresi sebagai seberapa sering iklan dapat tampil. Impresi ini dihitung setiap kali iklan muncul pada halaman pencarian, atau halaman lainnya di dalam Google Network.

Secara umum, impresi tidak mengukur apakah audiens benar-benar melihat iklan ataupun konten, serta tidak mengukur apakah audiens melakukan interaksi. Inti dari metrik impresi adalah hanya menunjukkan seberapa banyak iklan atau konten tersebut telah tayang.

Banner Ads - General 2

Fungsi Impresi dalam Digital Marketing

Dalam digital marketing, impresi sangat penting untuk mengukur efektivitas kampanye pemasaran online. Berikut ini adalah lima fungsi impresi dalam digital marketing:

1. Mengukur Popularitas

Impresi dapat digunakan untuk mengukur popularitas kampanye pemasaran online. Semakin banyak impresi yang diperoleh, semakin populer kampanye tersebut di kalangan target audiens.

2. Menargetkan Pengguna

Impresi juga dapat membantu menargetkan pengguna yang tepat untuk produk atau layanan tertentu. Data jumlah impresi yang diterima akan membantu digital marketer dapat mengidentifikasi bagaimana iklan ditampilkan kepada audiens dan melakukan penyesuaian untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Baca Juga: 7 Teknik Pitching Untuk Meningkatkan Pelanggan

3. Meningkatkan Kesadaran Merek

Impresi juga dapat meningkatkan kesadaran merek karena semakin sering iklan muncul, semakin besar kemungkinan bahwa audiens akan mengingat merek tersebut. Oleh karena itu, impresi dapat membantu memperkuat merek di mata pengguna.

4. Mengukur ROI

Impresi juga dapat digunakan untuk mengukur Return On Investment (ROI) dari kampanye pemasaran digital. Perbandingan jumlah impresi dengan biaya kampanye memungkinkan marketer dapat menghitung berapa banyak uang yang dihabiskan untuk setiap impresi dan mengidentifikasi strategi yang lebih efektif.

5. Meningkatkan Konversi

Impresi yang tinggi dapat meningkatkan peluang konversi karena semakin sering pengguna melihat iklan, semakin besar kemungkinan mereka akan memperhatikan dan membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Cara Meningkatkan Impresi Konten Anda

Impresi menjadi faktor yang penting dalam digital marketing, karena semakin banyak impresi yang diterima, semakin banyak orang yang melihat konten yang diposting. Berikut adalah delapan cara untuk meningkatkan impresi konten Anda:

1. Pahami Target Audiens

Mempelajari dan memahami target audiens adalah kunci untuk menciptakan konten yang tepat. Pemahaman target audiens yang baik memungkinkan konten yang dihasilkan akan lebih relevan dan menarik bagi mereka. Hal ini juga dapat meningkatkan jumlah impresi yang diterima.

2. Pantau dan Analisis Metrik Engagement secara Teratur

Memantau dan menganalisis metrik engagement seperti like, comment, dan share dapat membantu mengukur popularitas konten. Metrik engagement yang dipantau secara teratur akan membantu Anda dapat memperbaiki konten Anda agar lebih menarik dan relevan.

Baca Juga: 4 Cara Jualan di TikTok Shop bagi Pemula

3. Buat Konten yang tak Cukup Dilihat Sekali Saja

Buatlah konten yang dapat dilihat berulang kali. Misalnya, konten yang menarik untuk dibagikan atau di-save untuk ditonton kembali di kemudian hari. Hal ini dapat meningkatkan jumlah impresi karena semakin banyak orang yang melihat konten tersebut.

Banner Ads - Ebook 2

4. Buat Konten Tips Praktis

Buatlah konten yang memberikan tips praktis yang dapat membantu target audiens Anda. Tips yang berguna dan mudah diaplikasikan dapat meningkatkan jumlah impresi karena orang-orang akan lebih cenderung membagikan konten tersebut.

5. Buat Konten yang Menghibur

Konten yang menghibur seperti meme atau video lucu dapat membuat orang tertarik untuk melihat dan membagikan konten tersebut. Hal ini dapat meningkatkan jumlah impresi dan meningkatkan popularitas merek atau bisnis Anda.

6. Buat CTA yang Kuat

Buatlah Call-To-Action (CTA) yang kuat agar orang-orang tergugah untuk berinteraksi dengan konten Anda. Misalnya, tanyakan pendapat mereka tentang topik yang dibahas atau ajak mereka untuk mengikuti akun sosial media Anda. Hal ini dapat meningkatkan jumlah impresi dengan mendorong interaksi yang lebih banyak.

Baca Juga: Affiliate Adalah: Arti, Jenis, Cara Kerja, dan Tips Menjalankannya

7. Buat Konten Games

Konten games atau kuis interaktif dapat membuat orang tertarik untuk berpartisipasi dan membagikan konten tersebut. Ini dapat meningkatkan jumlah impresi karena semakin banyak orang yang berpartisipasi dan membagikan konten tersebut.

8. Memasang Ads

Mempromosikan konten Anda melalui iklan online dapat meningkatkan jumlah impresi secara signifikan. Anda dapat memilih platform iklan seperti Google Ads atau Facebook Ads untuk mempromosikan konten Anda pada target audiens yang tepat.

Banner Ads - Lead Gen 2

Kesimpulan

Pengetahuan tentang jumlah impresi yang diperoleh oleh iklan atau konten pemasaran memungkinkan Anda untuk dapat mengevaluasi efektivitas kampanye pemasaran. Anda juga dapat mengidentifikasi apakah iklan atau konten pemasaran dilihat oleh audiens yang diinginkan atau tidak, dan menentukan apakah perlu mengubah atau memperbaiki strategi pemasaran.

Selain itu, dengan mengetahui metrik impresi, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang di mana menempatkan iklan mereka dan bagaimana mengoptimalkan alokasi anggaran pemasaran mereka. Misalnya, jika iklan yang telah dibuat menerima banyak impresi di satu platform atau situs web tertentu, Anda dapat memutuskan untuk meningkatkan alokasi anggaran untuk iklan di sana atau memfokuskan strategi pemasaran mereka pada platform tersebut.

Terlebih lagi pada zaman digital saat ini, apa pun bisnis yang Anda geluti, tentu tidak akan terlepas dari kebutuhan pemasaran digital. Oleh karena itu, untuk dapat tetapi bersaing dan lebih unggul dibandingkan perusahaan lainnya, Anda bisa memanfaatkan jasa Digital Marketing Agency seperti Toffeedev untuk menciptakan strategi pemasaran digital yang jitu dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apalagi, mari mulai mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat