Pengertian Niche Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Pengertian Niche Marketing

Bisnis Anda boleh saja menerapkan seluruh strategi pemasaran yang cocok dan relevan dengan target pasar. Namun, Anda harus menguasai niche marketing jika ingin berhasil dalam menjalankan bisnis. Niche marketing adalah bagian dari target pasar yang harus menjadi fokus utama dalam kegiatan pemasaran Anda.

Istilah niche marketing mungkin masih asing di telinga Anda. Indikator ini perlu dipelajari karena membawa banyak manfaat dalam menjalankan bisnis. Tidak hanya itu, niche market juga harus menjadi bahan pertimbangan pula ketika mendirikan sebuah bisnis. Niche marketing justru akan mempermudah Anda dalam melancarkan strategi promosi produk yang tepat.

ToffeeDev akan membahas seluk-beluk mengenai niche marketing alias ceruk pasar serta manfaat dan langkah menentukannya. Simak sampai selesai supaya Anda makin familier dengan istilah penting di dunia pemasaran ini.

Pengertian Niche Marketing

Niche Marketing

Niche marketing adalah strategi pemasaran yang menyasar target konsumen secara lebih spesifik dan merupakan bagian dari target pasar yang lebih besar. Sederhananya, dalam satu target pasar yang besar, ada bagian atau segmentasi pasar yang memiliki preferensi, kebutuhan khusus, atau minat yang bisa menjadi target Anda dalam memasarkan produk yang ditawarkan.

Strategi niche marketing bisa menjadi solusi untuk menghadapi persaingan pasar yang lebih ketat pada saat ini. Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar karena produknya akan dibutuhkan oleh target pasar yang lebih spesifik dan mampu menjawab kebutuhan mereka. 

Contoh penerapan niche marketing ini dapat dilihat pada bisnis pakaian. Anda bisa fokus menjual jas pria untuk target pasar pria dewasa hingga berusia lanjut yang ingin menghadiri acara formal. Strategi ini lebih baik daripada Anda menjual pakaian pria secara umum yang belum tentu dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca juga: Product Branding: Arti, Keuntungan, dan Contohnya

3 Manfaat Strategi Niche Marketing

Manfaat Strategi Niche Marketing

Penerapan strategi niche marketing memang membutuhkan riset yang lebih besar. Namun, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan strategi niche marketing. Apa saja manfaatnya?

1. Mengurangi Persaingan Bisnis

Jumlah kompetitor bisnis Anda justru menyusut lebih besar setelah menentukan ceruk pasar. Alasannya, belum banyak pesaing menyasar ceruk pasar yang telah Anda tentukan dalam strategi niche marketing. Anda pun bisa menciptakan ciri khas pada bisnis sehingga terlihat lebih berbeda dan menarik daripada kompetitor.

Baca Juga: Follow Up Customer: Definisi, Manfaat, dan Tips Sukses Melakukannya

2. Mudah Dikenali Pelanggan

Pelanggan atau target pasar lebih mudah mengenali bisnis Anda karena kompetitornya masih sedikit. Mereka juga akan merekomendasikan bisnis atau produk Anda kepada orang lain sehingga makin dikenal luas.

3. Lebih Fokus Menjalankan Bisnis

Niche market yang lebih spesifik justru membuat Anda lebih fokus dalam menjalankan bisnis. Anda hanya perlu meningkatkan kualitas produk supaya kebutuhan pelanggan makin terpenuhi dengan baik. Bisnis pun memiliki spesialisasi dalam memproduksi produk barang atau jasa tertentu sehingga lebih mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan Anda.

Langkah Menentukan Niche Market Bisnis Anda

Langkah Menentukan Niche Market Bisnis Anda

Tiga manfaat di atas menggambarkan bahwa niche marketing merupakan strategi yang tepat dalam menjalankan bisnis. Pertanyaannya, bagaimana cara menentukan niche market sebuah bisnis dengan tepat? Ikuti empat langkah penerapan strategi niche marketing di bawah ini secara berurutan.

1. Cari Tahu Minat Bisnis Anda

Mulailah dengan menentukan bidang spesifik yang ingin dijalankan oleh bisnis Anda. Bidang spesifik ini bisa berasal dari minat Anda atau permasalahan pelanggan yang lebih spesifik dan belum menemukan jawabannya. Anda bisa pula melakukan riset dengan mengetik dua kata pertama dari produk yang ingin ditawarkan di Google.

Contohnya, Anda adalah seorang penjahit dan ingin membuat baju pesta. Mesin pencari Google akan memberikan hasil yang lebih spesifik, seperti ‘baju pesta brokat’, ‘baju pesta anak perempuan’, dan sebagainya. Pilih salah satu dari hasil pencarian tersebut dan carilah target pasar yang tepat.

Baca Juga: Pentingnya Niche Market untuk Meraup Keuntungan

2. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

Berikutnya, Anda harus mengidentifikasi kebutuhan atau masalah yang dialami oleh pelanggan. Dalam langkah ini, Anda perlu melakukan riset pasar menggunakan internet atau mengadakan survei pelanggan. Hasil survei tersebut bisa menjadi panduan Anda dalam membuat produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

3. Teliti Tingkat Kompetisi Produk

Selain riset pasar, Anda pun perlu menentukan tingkat persaingan atau kompetisi dari produk tersebut. Lihatlah kompetitor yang memiliki target pasar yang mirip dengan Anda, kemudian cari tahu mengenai fitur dan kelemahan yang masih dimiliki bisnis tersebut. Hasil riset ini bisa menjadi informasi untuk membuat produk yang lebih baik dan mampu memuaskan pelanggan.

4. Lakukan Uji Coba Pasar

Terakhir, Anda perlu mengadakan tes untuk menguji produk yang telah dibuat kepada target pasar. Anda memutuskan untuk melanjutkan ide produk tersebut atau tidak dari tahap uji coba ini. Teruskan ide tersebut dalam bisnis apabila pelanggan menyukai produk Anda. Namun, Anda harus berhenti dan mencari ide lain jika produknya tidak sesuai dengan preferensi pelanggan.

Jasa SEO

Kegiatan pemasaran bisnis justru menjadi lebih mudah setelah Anda menentukan niche marketing, bukan? Anda tinggal memilih strategi pemasaran yang tepat serta konten yang ingin disajikan dalam sebuah iklan. Tidak hanya itu, Anda pun makin yakin ketika membuat strategi dan konten iklan karena hanya fokus pada satu bagian dalam target pasar.

Langkah berikutnya setelah menentukan niche marketing adalah menjalankan strategi pemasaran yang telah direncanakan. Gunakan jasa Digital Marketing dari ToffeeDev supaya hasil pemasaran Anda menjadi lebih maksimal. Kami akan mengoperasikan strategi Digital Marketing sesuai niche market yang telah ditentukan secara tepat sasaran sehingga iklan Anda mampu menjangkau target pasar yang diinginkan. Hubungi kami segera untuk mulai bekerja sama meningkatkan kesuksesan pemasaran bisnis Anda.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat