Mengenal Sejarah Perkembangan Startup di Indonesia

Mengenal Sejarah Perkembangan Startup di Indonesia

Bagaimana perkembangan startup di Indonesia? Saat ini, sebutan perusahaan startup bukan lagi menjadi hal yang asing. Perusahaan startup di Indonesia kini telah perkembang pesat berkat kemajuan teknologi dan kemudahan pemasaran. 

Mulai dari tahun 2015, jumlah berdirinya perusahaan startup di Indonesia terus meningkat bahkan hingga mencapai pasar internasional. Artikel berikut ini akan membagikan informasi mengenai startup dan perkembangannya.

Apa Itu Startup?

Startup adalah perusahaan yang sedang dirintis dan melakukan pengembangan pada hampir seluruh bagian seperti produk barang atau jasa yang dihasilkan, pelayanan, target pasar, dan lain sebagainya. Mendirikan sebuah perusahaan startup umumnya dilakukan oleh 1 hingga 3 orang. 

Tujuan berdirinya startup sendiri adalah menciptakan serta mengembangkan produk baru yang memudahkan pemenuhan kebutuhan masyarakat dan mampu mempertahankan produk baik barang maupun jasa tersebut untuk menjadi pilihan utama dalam jangka waktu yang panjang. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Startup?

Apa yang Membedakan Startup dari Bisnis Biasa?

Startup berbeda dengan bisnis biasa. Perusahaan umum biasanya menciptakan produk berdasarkan tingkat permintaan pasar dan berfokus pada inovasi produk dengan tujuan mendapatkan keuntungan. 

Startup tetap bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, namun perusahaan startup dibangun juga untuk memecahkan masalah dengan solusi yang tidak terbatas. Artinya, startup hadir sebagai solusi masalah yang banyak terjadi di masyarakat dan membutuhkan kemudahan dalam menyelesaikan atau melakukan sebuah pekerjaan. 

Solusi yang dihadirkan oleh perusahaan startup cukup luas. Hal ini dikarenakan dalam menciptakan sebuah produk, startup tidak hanya berfokus pada produk yang dapat menyelesaikan masalah saja tetapi juga menciptakan berbagai inovasi produk pendampingnya sebagai solusi masalah lain yang mungkin muncul nantinya.

Perkembangan Startup di Indonesia

Perkembangan Startup di Indonesia

Kehadiran startup di Indonesia bukan tanpa sejarah dan perkembangan. Meski perusahaan startup telah banyak diketahui, namun sedikit diantaranya yang mengetahui mengenai bagaimana startup berkembang. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut perjalanan dan perkembangan startup di Indonesia.

Sejarah 

Startup hadir seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi sekitar tahun 1998 hingga 2000-an dan ditandai dengan munculnya fenomena bubble dot com. Bubble dot com merupakan perusahaan berbasis teknologi internet di Amerika yang cukup banyak menarik investor karena menciptakan website perusahaannya sendiri dengan domain dot com.

Hal tersebut kemudian meningkatkan nilai saham perusahaan tersebut menjadi lebih tinggi. Pada masa itu, internet merupakan salah satu hal yang baru dan dianggap bahwa akan terjadi kemajuan yang pesat pada dunia bisnis pada masa mendatang. 

Pada awal kemunculannya, startup berfokus pada pengenalan produk ke masyarakat serta membentuk kepercayaan. Cara yang dilakukan adalah dengan memberikan diskon, pemasangan iklan, dan berbagai bentuk pemasaran lainnya secara besar-besaran. 

Baca Juga: 8 Pilihan Pemasaran Online pada Perusahaan Startup

Masuk dan Perkembangan Startup di Indonesia

Ketika perkembangan teknologi terjadi di Indonesia, saat itu pula startup mulai berdiri. Pada tahun 2010 perusahaan startup Tokopedia dan Blanja.com mendapat dana besar dari investor agar kemudian dapat  digunakan untuk mengembangkan perusahaan. 

Namun dikarenakan terbatasnya akses internet pada masa itu, sehingga dua perusahaan startup terhambat untuk berkembang. Pada tahun 2015, dengan didukung kemudahan akses internet pada sebagian besar daerah, startup mulai bangkit kembali. 

Berdasarkan data yang diperoleh melalui kemenkominfo, tercatat 62 perusahaan startup hadir pada tahun tersebut di Indonesia. Akibat perkembangan perusahaan startup yang cukup pesat dan dinilai baik, pemerintah kemudian menetapkan program 1.000 startup dapat berdiri di Indonesia dalam waktu 5 tahun mendatang.

Target yang disampaikan melalui program tersebut terbukti dan terwujud, bahkan melebihi nilai awal. Hingga tahun 2021, tercatat sebanyak 2.229 startup berdiri dan berkembang di Indonesia. Angka tersebut menetapkan Indonesia pada urutan kedua sebagai negara dengan jumlah perusahaan startup terbesar di Asia.

3 Faktor yang Memengaruhi Pesatnya Perkembangan Startup di Indonesia

Faktor yang Memengaruhi Pesatnya Perkembangan Startup di Indonesia

Perkembangan startup di Indonesia terjadi sangat pesat  karena pengaruh dari beberapa faktor. Selain dukungan pemerintah, teknologi dan internet, berikut ini merupakan 3 faktor yang memengaruhi pesatnya perkembangan startup di Indonesia:

1. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk di Indonesia yang cukup banyak menjadi salah satu terbukanya peluang bisnis terutama startup. Hal ini dikarenakan perusahaan startup akan menyediakan produk untuk lebih banyak orang dengan berbagai latar belakang namun memiliki permasalahan yang sama. 

Sebagai contoh, Gojek. Gojek hadir untuk menyediakan kemudahan transportasi bagi seluruh kalangan sehingga masyarakat tidak lagi harus jalan kaki menuju pangkalan ojek dengan patokan tarif yang terkadang cukup tinggi.

2. Penggunaan Media Sosial yang Meningkat

Meningkatnya penggunaan media sosial, juga memberikan jalan bagi para startup untuk membuat produk dan layanan mereka dikenal oleh publik. Media sosial merupakan saluran periklanan yang lebih murah dan lebih mudah dibandingkan dengan beriklan di media cetak atau televisi. 

Saat ini, media sosial masih menjadi platform bagi startup untuk membentuk branding perusahaan, berinteraksi dengan pengguna dan menjadi metode pemasaran baik berupa penyediaan informasi serta edukasi hingga kerja sama dengan KOL pada campaign tertentu.

Baca Juga: Cara Menghitung ROI Strategi Digital Bisnis Anda

3. Inovasi dan Pelayanan

Startup menjadi sebuah perusahaan yang menciptakan barang atau jasa yang baru bagi masyarakat dengan berbasis teknologi. Inovasi tersebut memberikan kemudahan dalam berbagai hal, baik yang kecil hingga besar. Ide yang kreatif dan kemudahan yang diciptakan ini menarik masyarakat untuk mencoba produk yang dihasilkan.

Selain itu, pelayanan pelanggan yang tersedia dari platform startup dinilai sangat baik dan tersedia selama 24 jam. Produk yang dihadirkan melalui internet juga menimbulkan persepsi bahwa perusahaan startup lebih efisien. 

Jasa SEO

Jadi itulah dia perkembangan startup di Indonesia beserta sejarah munculnya startup di dunia. Informasi di atas dapat menjadi pengetahuan baru bagi Anda terutama yang menekuni dunia bisnis. Bukan tidak mungkin, bisnis Anda suatu saat akan berkembang menjadi perusahaan startup

Perkembangan startup juga dipengaruhi oleh strategi pemasaran digital yang baik dan efektif. Untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan layanan digital marketing, ToffeeDev dapat membantu Anda. ToffeeDev hadir untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda melalui optimalisasi digital marketing termasuk juga website di dalamnya. Untuk informasi selengkapnya, hubungi ToffeeDev sekarang juga. 

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat