Pentingnya Mengenal Sentiment Analysis dalam Membangun Bisnis

Sentiment analysis adalah proses untuk memahami serta mengelompokkan emosi, dalam bentuk positif, negatif, hingga netral yang terdapat di dalam tulisan. Untuk bisa memahami dan mengelompokkan emosi itu, maka dibutuhkan model teknik analisis teks yang tepat.

Bisa dibilang, sentiment analysis sangat berhubungan dengan teknologi programming komputer yang optimal. Tidak mungkin melakukan sentiment analysis hanya dengan tenaga manusia saja. Pasti bisa terdapat bias di dalamnya. Apalagi setiap orang juga dapat memiliki pandangan berbeda-beda ketika melihat suatu emosi di dalam teks. 

Ada berbagai hal menarik yang dapat dilihat dari sentiment analysis ini. Bagi bisnis yang memang mulai bertumbuh serta ingin mengetahui bagaimana pendapat masyarakat di internet terkait produk atau layanan mereka, maka sudah sebaiknya menjalankan sentiment analysis ini, termasuk di Indonesia. 

Jadi, bagaimana fitur sentiment analysis ini bekerja? Mengapa penting untuk dipahami bagi yang sedang membangun bisnis? Simak informasi selengkapnya dari tim ToffeeDev di bawah ini.

Definisi Sentiment Analysis dalam Bisnis

Menjalankan bisnis menjadi sebuah tantangan tersendiri karena tidak ada waktu istirahat. Setiap waktu, Anda sebagai pebisnis harus terus berusaha menumbuhkan bisnis dengan berbagai bantuan. Tidak hanya SDM saja, tetapi juga bantuan sistem komputer dan programming

Kemajuan zaman membuat penggunaan sistem komputer untuk membantu pertumbuhan bisnis sangat penting. Ditambah lagi masyarakat sangat dekat dengan yang namanya internet. Mereka bisa lebih mudah mengakses informasi tentang suatu bisnis di internet. Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi Anda yang ingin meningkatkan bisnis dari sisi pembeli dan pelanggan.

Ingat, ada perbedaan dari pembeli dan pelanggan. Pembeli adalah orang yang baru membeli produk bisnis Anda untuk pertama kalinya. Sedangkan pelanggan adalah orang yang sudah sering membeli produk bisnis Anda. Ketika Anda bisa menumbuhkan keduanya secara maksimal, maka bisnis sudah pasti berkembang dengan baik pula.

Baca Juga: Pelajari Organic CTR (Click Through Rate) Melalui Analisa Ini

Saat ini banyak orang yang mencari review tentang suatu produk bisnis melalui internet. Dalam hitungan detik, mereka bisa menemukan review produk tersebut. Nah, ketika ada orang menulis review di internet, sudah pasti menggunakan kata-kata yang bisa dirasakan emosinya. Dari sisi konsumen, mereka bisa dengan mudah mengerti kata-kata dalam review itu. Mereka juga tidak perlu mencari review yang terlalu banyak dari segi jumlah untuk menentukan apakah mau membeli atau tidak. Namun, bagaimana kalau dari sisi bisnisnya sendiri?

Dari sisi bisnis, pasti Anda ingin mengumpulkan seluruh review itu dalam melihat apakah trennya positif atau negatif. Setiap kata yang dituliskan di dalam review sudah pasti memiliki makna, perasaan, sekaligus emosi tersirat. Seperti yang dibilang di atas, selalu ada emosi positif, negatif, atau mungkin netral juga.

Jika bisnis Anda sudah bisa mengetahui lebih banyak emosi apa di dalam barisan review itu, maka ada beberapa langkah lanjutan yang dapat dilakukan. Jika review produk Anda lebih banyak positif, maka harus dipertahankan. Namun kalau ternyata lebih banyak yang negatif, artinya harus ada yang ditingkatkan. Jika netral, berarti cobalah cari peluang baru demi meningkatkan bisnis Anda.

Untuk membaca opini atau review dari pembeli produk bisnis Anda yang jumlahnya sudah pasti banyak, sebaiknya gunakan teknik sentiment analysis ini. Jadi, sentiment analysis adalah suatu teknik untuk memahami dan mengelompokkan emosi dari dalam teks opini atau review di internet. Dengan mengetahui emosi dari dalam teks itu, Anda bisa langsung dengan cepat memahami apa yang dirasakan pembeli ketika menggunakan produk bisnis tersebut.

Jasa SEO

Analisis Sentimen Adalah Hal Penting Bagi Bisnis

Sudah pasti sentiment analysis menjadi hal penting bagi bisnis. Mengapa bisa begitu? Kemajuan zaman membuat Anda harus bisa mengumpulkan pendapat atau opini dari pembeli produk dengan lebih cepat dan mudah. Pasti Anda tidak ingin review yang diberikan terus memburuk, bukan? Jika sudah baik pun, tentu tetap ingin ada peningkatan. Itulah mengapa sentiment analysis itu penting.

Teknik yang juga sering disebut sebagai opinion mining ini membuat Anda memahami pandangan pembeli tentang produk bisnis. Anda tidak perlu lagi bersusah payah mengumpulkan dan membaca isi review dari pembeli karena semuanya sudah dibaca serta dianalisis oleh teknik ini. Sistem analisis sentimen sendiri menggabungkan teknik machine learning dan Natural Language Processing (NLP).

Dalam sebuah penelitian, dijelaskan bahwa ada sekitar 90% data di internet yang tidak terstruktur, termasuk di internet. Data-data yang dimaksud mencakup email, dokumen, chat, survei, artikel, hingga percakapan di media sosial. Dari isi data yang ada di internet, maka pasti ada saja yang berisi review bisnis Anda. itu sangat penting untuk dikumpulkan dan diketahui. 

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa analisis sentimen itu penting bagi bisnis. Alasan-alasannya adalah:

1. Analisis yang Real Time

Semua orang ingin mengumpulkan data review dari pembeli sebanyak mungkin. Namun apakah data tersebut sudah termasuk real time? Sebaiknya memang data-data tersebut real time sehingga tidak ada yang tersisa atau dilupakan untuk dianalisis. Untungnya, sentiment analysis memberikan data kepada Anda secara real time. Keuntungan ini sangat penting, khususnya dalam menanggapi isu-isu negatif di media sosial. Anda harus segera mengambil tindakan yang mampu meredam itu tersebut dari data sentiment analysis ini.

Baca Juga: Apa itu ROAS dan Cara Menghitungnya

2. Sesuai Skala

Menyortir ribuan review hingga percakapan di media sosial tentang bisnis Anda sudah pasti sangat menyulitkan jika dilakukan secara manual. Terlalu banyak data yang harus diurus. Namun dengan sentiment analysis, proses pengumpulan data dalam jumlah besar menjadi lebih efisien serta cepat. Jadi tidak perlu memikirkan skala datanya. Semua bisa diurus dengan optimal ketika menggunakan sentiment analysis.

3. Pengelompokan yang Konsisten

Seperti yang Anda ketahui, pengelompokan dalam sentiment analysis itu ada di tiga bagian, yaitu positif, negatif, dan netral. Mungkin memang hanya ada tiga, namun jika diserahkan kepada manusia, maka bisa terjadi ketimpangan yang cukup banyak. Menurut data, jika manusia menganalisis teks kalimat secara manual, hanya 60% hingga 65% yang tepat. Sisanya sudah pasti tidak tepat. Tentu saja sangat banyak data yang menjadi tidak tepat.

Baca Juga: Reputasi Brand vs Ranking, Mana Fokus Utama Bisnis Anda?

Selain itu jangan pernah merupakan sisi subjektif dalam diri setiap manusia. Mereka bisa dipengaruhi oleh pemikiran, pengalaman, dan keyakinan pribadi ketika sedang melakukan analisis sentimen. Peran emosional itulah yang membuat hasil analisis oleh manusia kurang tepat. Namun dengan sentiment analysis, maka sisi subjektif itu pasti hilang. Anda bisa melihat hasil pengelompokan yang konsisten dan akurat sehingga data tersebut semakin lebih bisa dipercaya.

Tiga alasan di atas membuat sentiment analysis ini sangat penting untuk dilakukan dalam bisnis. Dengan analisis yang real time, pengelompokan emosi dalam teks yang konsisten, dan sesuai skala, maka sentiment analysis tidak boleh bisnis Anda lewatkan.

5 Sektor Penggunaan Sentiment Analysis

Ada lima sektor dalam bisnis yang bisa menggunakan sentiment analysis. Bahkan bisa dibilang wajib. Apa saja sektor tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Brand Monitoring

Brand monitoring adalah hal yang dilakukan untuk melihat bagaimana sentimen opini publik terhadap bisnis Anda di media sosial dan platform lainnya. Brand monitoring sangat penting untuk dilakukan karena jika tidak dimaksimalkan, maka ada berbagai informasi penting dalam opini publik yang sebenarnya bagus untuk meningkatkan bisnis Anda, dari sisi produk hingga layanan. Tentu saja dibantu juga dengan sentiment analysis.

2. Social Media Monitoring

Kemudian ada social media monitoring yang sudah jelas harus dilakukan juga. Apalagi dalam sentiment analysis sendiri, media sosial bisa menjadi pusat opini atau review dari para pembeli produk bisnis Anda. 

Di media sosial, Anda bisa mendapatkan opini pembeli dengan lebih mudah hanya dengan memasukkan nama produk atau bisnis saja. Dalam sekejap, dapat muncul berbagai cerita produk bisnis Anda. 

Saat ini masyarakat juga termasuk yang sering menggunakan media sosial untuk memberikan review. Jadi penggunaan sentiment analysis di media sosial menjadi semakin penting untuk mendapatkan opini sebanyak mungkin. Semakin banyak opini yang diambil dan dianalisis, maka Anda bisa mendapatkan kesempatan besar untuk menjalankan sentiment analysis

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat

3. Customer Feedback

Customer feedback adalah mengumpulkan pendapat dari pelanggan. Jadi bagian ini sudah pasti menjadi hal penting dalam sentiment analysis. Namun ada cara khusus yang lebih berfokus kepada pembeli, yaitu menggunakan metode survei dan wawancara. Ketika sudah dikumpulkan, maka dapat dianalisis.

Biasanya customer feedback digunakan untuk tahap product development. Jadi feedback ini berguna untuk melihat apakah produk yang diberikan sudah oke atau masih ada yang dapat dikembangkan lagi. Apalagi sistem metode survei dan wawancara membuat customer feedback menjadi lebih jelas dan detail.

4. Customer Service

Mengapa customer service bisa dikombinasikan dengan sentiment analysis? Penggunaan customer service dalam bisnis memang penting agar langsung menilai apakah pelanggan memberikan sentimen positif, negatif, atau netral ketika sedang menghubungi bisnis Anda.

Ada layanan customer service via email atau telepon. Keduanya bisa langsung dilihat bagaimana sentimen dari pelanggan tersebut. Ketika digabungkan dengan sentiment analysis, maka hasil analisisnya menjadi lebih baik lagi. 

5. Market Research 

Market research atau riset pasar tidak kalah pentingnya. Anda bisa memanfaatkan ini untuk digabungkan dengan sentiment analysis untuk melihat apa saja yang sedang disukai dan tidak disukai oleh pasar. Khususnya pasar yang memang menjadi fokus bisnis Anda.

Ketika sudah didapatkan informasi apa yang disukai dan tidak disukai pasar, Anda bisa mengambilkan langkah selanjutnya. Termasuk memanfaatkan apa yang sedang disukai oleh pasar sebagai salah satu peluang bisnis baru.

Baca Juga: 5 Cara Menentukan Segmentasi Pasar dengan Tepat

Jadi sudah jelas ada lima sektor atau bagian dalam bisnis yang ketika dijalankan maka bisa dikombinasikan dengan sentiment analysis. Semuanya memegang peranan penting juga dalam usaha untuk menjalankan analisis ini. Bahkan jika mampu, Anda sebaiknya melakukan lima hal di atas agar mendapatkan hasil analisis yang lebih akurat.

Tidak hanya dengan sentiment analysis saja, Anda juga bisa mencapai tujuan bisnis yang ingin diraih dengan digital marketing yang tepat.  ToffeeDev hadir bagi Anda dengan menyediakan program layanan untuk bisnis dengan strategi SEO hingga Ads.

ToffeeDev memberikan solusi bisnis tepat sesuai kebutuhan Anda melalui berbagai strategi digital marketing yang tepat dan mengikuti perkembangan. Seluruh tim ToffeeDev yang memiliki pengalaman dalam digital marketing untuk berbagai jenis klien siap memberikan solusi tepat. Bisnis Anda dapat merasakan manfaatnya secara nyata dengan dukungan dari ToffeeDev. Klik di sini untuk melakukan konsultasi bisnis bersama ToffeeDev sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat