Mengenal Apa Itu Targeting dalam Pemasaran

Targeting dalam Pemasaran

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan targeting dalam pemasaran. Pada dasarnya, targeting dalam pemasaran adalah proses menentukan target pasar yang akan menjadi fokus dalam pemasaran. Proses pemasaran yang dilakukan akan lebih terfokus dan lebih efektif dengan melakukan targeting.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari secara mendalam mengenai apa itu targeting dalam pemasaran. Selain itu, Anda juga akan mempelajari konsep STP, atau Segmenting Targeting Positioning, yang merupakan salah satu framework dalam pemasaran. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Targeting dalam Pemasaran

Apa Itu Targeting dalam Pemasaran?

Targeting dalam pemasaran adalah proses di mana pemasar mengidentifikasi audiens targetnya dan kemudian memasarkan produk kepada mereka melalui berbagai saluran. Dengan membangun persona pengguna yang tepat, memahami kebiasaan pengguna, dan menemukan platform yang tepat untuk menjangkau target pasar, pemasar dapat meningkatkan kinerja kampanye yang sedang dijalani.

Ada banyak keuntungan dari targeting dalam pemasaran, seperti mengefisienkan kinerja kampanye pemasaran hingga menghemat pengeluaran. Meskipun targeting dipandang sebagai cara untuk meningkatkan tingkat interaksi antara target pasar dengan kampanye pemasaran, tetapi targeting juga harus dapat meningkatkan metrik lain di bagian bawahnya, seperti retensi dan monetisasi.

Target pemasaran adalah proses lanjutan dari segmentasi, dan merupakan proses untuk menentukan pasar yang dipilih secara nyata dan merencanakan media iklan yang digunakan untuk membuat segmen tersebut menarik. Jadi, penargetan ini adalah sebuah proses yang akan berubah-ubah.

Di era digital seperti sekarang ini, praktik penargetan sudah makin luas; yang awalnya hanya melalui media cetak dan sumber media sejenisnya, sekarang sudah lebih fokus ke media digital seperti media sosial dan website. Target pasar biasanya terdiri dari konsumen yang menunjukkan karakteristik serupa (seperti usia, lokasi, pendapatan, atau gaya hidup) dan dianggap paling mungkin untuk membeli produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Memahami Segmentasi, Targeting, Positioning, dan Contohnya

Mengenal Konsep Segmenting, Targeting, dan Positioning di Strategi Pemasaran

Apa Saja Manfaat Targeting dalam Pemasaran?

Setelah Anda sebagai pengusaha dapat menetapkan target pasar, akan lebih mudah untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan target tersebut. Berikut adalah beberapa keuntungan dari penggunaan targeting pasar:

  1. Mempermudah perusahaan dalam menyesuaikan produk dan strategi pemasaran untuk setiap target pasar. Dengan mengetahui perilaku dan karakteristik dari setiap segmen yang telah ditentukan sebelumnya, Anda dapat menentukan cara komunikasi yang tepat.

  2. Mengantisipasi tingkat persaingan dengan pesaing. Dengan memahami segmen Anda, Anda dapat mengidentifikasi persaingan dan memilih untuk tidak memasuki pasar yang terlalu sengit.

  3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran bagi perusahaan dengan sumber daya terbatas. Anda dapat fokus pada sejumlah target pasar saja.

  4. Efektivitas pengeluaran anggaran. Anda dapat mengalokasikan anggaran yang dimiliki secara tepat untuk setiap target pasar.

  5. Memperluas sudut pandang dalam pembuatan materi pemasaran.

  6. Mempermudah pengembangan produk sesuai dengan segmentasi pasar yang dimiliki. Dengan fokus pada salah satu segmen, Anda dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan segmen tersebut.

Banner - Ads General

Apa Saja Strategi Targeting dalam Pemasaran?

Setelah Anda memahami konsep dan keuntungan dari targeting pasar, penting juga untuk memahami cara menerapkan strategi ini. Ada empat strategi yang bisa Anda terapkan, diantaranya sebagai berikut.

1. Undifferentiated Targeting Marketing

Undifferentiated marketing adalah pendekatan di mana bisnis melakukan penelitian pasar global untuk memahami kebutuhan konsumen dan mengemas produk dengan sesuai. Dalam strategi ini, perusahaan hanya fokus pada satu pendekatan pemasaran yang dioptimalkan untuk efisiensi dan efektivitas, serta peningkatan kualitas produk, distribusi, dan promosi.

Tujuannya adalah agar perusahaan dapat menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen untuk menghemat biaya produksi. Pendekatan ini juga membantu dalam menentukan strategi penjualan agar produk bisa bersaing di pasar yang penuh dengan berbagai macam kompetitor.

Baca Juga: Target Audience Adalah Salah Satu Elemen Penting Dalam Penjualan. Masa Sih?

2. Differentiated Targeting Marketing

Differentiated marketing adalah strategi di mana perusahaan membagi audiens menjadi beberapa kelompok dan mengidentifikasi setiap kelompok tersebut. Dalam strategi ini, perusahaan menciptakan produk yang berbeda untuk setiap kelompok target dengan tujuan meningkatkan penjualan produk dan layanannya.

Dengan audiens terbagi ke dalam beberapa kelompok, perusahaan perlu menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok tersebut. Penting untuk melakukan penyesuaian untuk memastikan efektivitas anggaran yang dimiliki.

Banner - Ebook Ads

3. Concentrated Targeting Marketing

Concentrated marketing adalah strategi yang menargetkan satu pasar dengan potensi pembelian yang tinggi. Tujuannya adalah untuk fokus pada segmen pasar tertentu, yang memungkinkan perusahaan menghemat biaya pemasaran dengan menyesuaikan produk, promosi, serta penjualan.

Dengan strategi ini, pengeluaran anggaran pemasaran menjadi lebih efektif karena berfokus pada target pasar yang spesifik. Sehingga meningkatkan potensi return on investment (ROI) dibandingkan dengan pemasaran yang tidak terarah.

Baca Juga: 3 Cara Efektif Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar

4. Custom Targeting Marketing

Custom targeting marketing adalah strategi yang lebih personal daripada concentrated marketing. Dalam strategi ini, penawaran diberikan secara langsung kepada individu.

Berbagai media dapat digunakan, seperti email marketing atau phone marketing. Anda dapat mengirimkan email pribadi kepada audiens yang telah Anda identifikasi sebagai calon pelanggan potensial atau hot leads. Ini bisa dilakukan dengan menulis email secara manual atau menggunakan platform email marketing.

Banner - Lead Gen Ads

Jadi, targeting dalam pemasaran adalah salah satu proses penting yang harus dilakukan sebelum melaksanakan kampanye pemasaran. Setelah mengetahui target pasar, Anda harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Di era digital ini, strategi digital marketing adalah jenis pemasaran yang sangat efektif untuk dilakukan.

Apabila Anda tertarik untuk menerapkan strategi digital marketing, gunakan saja jasa dari ToffeeDev. Kami menyediakan berbagai jenis digital marketing, mulai dari SEO hingga Facebook Ads. Jika tertarik atau memiliki pertanyaan, Anda dapat menghubungi kami di sini!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top