9 Strategi Penetrasi Pasar yang Efektif

Strategi Penetrasi Pasar

Pebisnis mana pun tidak langsung merasa puas setelah melihat pencapaian dan keberhasilan bisnisnya. Anda pasti tertantang untuk mengembangkan usahanya agar bisa menarik pangsa pasar yang lebih luas. Untuk menjawab tantangan tersebut, Anda perlu melakukan strategi penetrasi pasar dengan efektif.

Bagi beberapa pebisnis, istilah penetrasi pasar masih asing di telinga mereka. Wajar saja karena masih banyak pebisnis yang cenderung bermain aman dan belum berani melakukan strategi ini. Namun, Anda harus melakukan strategi ini apabila ingin melihat kesuksesan yang lebih besar lagi.

ToffeeDev akan mengulas tentang strategi penetrasi pasar selengkapnya dalam artikel ini. Simak sampai selesai sebelum menerapkan strategi ini dalam bisnis Anda.

Memahami Penetrasi Pasar

Memahami Penetrasi Pasar

Penetrasi pasar memiliki dua makna dalam dunia bisnis: sebagai metrik dan aktivitas bisnis. Dari segi metrik, penetrasi pasar berarti jumlah produk atau layanan yang digunakan oleh pelanggan dibandingkan total estimasi pasar terhadap produk tersebut. Metrik penetrasi pasar berguna untuk mengembangkan strategi peningkatan pangsa pasar terhadap produk atau layanan tertentu. 

Singkatnya, penetrasi pasar berguna untuk menentukan ukuran potensi pasarnya. Pebisnis baru dalam suatu industri akan lebih terdorong membuka usahanya jika total pasarnya makin besar. Mereka pun yakin bisa menjangkau pangsa pasar tersebut atau sebagian dari total pelanggan potensial dalam suatu industri.

Bagaimana pengertian penetrasi pasar dari segi aktivitas bisnis? Penetrasi pasar merupakan langkah perusahaan dalam membawa produknya ke dalam pasar yang telah menyediakan produk yang sama. Perusahaan berharap bisa mengambil pangsa pasar kompetitor atau perusahaan lain melalui produk tersebut. Inilah yang disebut sebagai strategi penetrasi pasar.

Baca Juga: 5 Jenis Segmentasi Pasar yang Perlu Anda Ketahui

9 Strategi Penetrasi Pasar yang Perlu Anda Lakukan

Strategi Penetrasi Pasar yang Perlu Anda Lakukan

Anda akan lebih mudah memahami penetrasi pasar jika menerapkan strateginya dalam berbisnis. Walaupun terlihat menantang, strategi penetrasi pasar di bawah ini mampu mengantar bisnis Anda mencapai tujuannya. Berikut ini beberapa strategi penetrasi pasar yang dapat diterapkan dalam bisnis.

1. Menyesuaikan Harga Produk

Strategi ini sangat manjur bagi bisnis yang ingin memasuki pangsa pasar baru dan sudah ada kompetitor di dalamnya. Anda dapat menurunkan harga produk yang dijual agar lebih rendah dari produk kompetitor. Pelanggan pun akan melirik produknya karena harganya yang terjangkau meskipun Anda masih seorang ‘pemain baru’ dalam bisnis.

2. Berikan Kemudahan Proses Transaksi

Target pasar Anda bisa jadi sulit mendapatkan produk yang mereka butuhkan karena proses pembelian yang rumit. Bisnis Anda harus menjadi solusi dengan menyediakan kemudahan dalam proses transaksi. Anda bisa menyediakan opsi pembelian secara online di marketplace atau media sosial serta berbagai pilihan pembayaran yang cocok dengan mereka.

Baca juga: Jenis-Jenis Risiko Bisnis Online yang Sering Dihadapi

3. Tingkatkan Kualitas Produk

Anda bisa melakukan strategi ini bila kondisi bisnis belum memungkinkan untuk menurunkan harga produk. Pahami dahulu selera target pasar, barulah Anda bisa mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk sesuai keinginan mereka. Jangan lupa untuk mengunggulkan kelebihan produk saat memasarkannya supaya pelanggan tidak berpikir dua kali untuk membeli produk Anda.

4. Targetkan Lokasi Tertentu

Beberapa produk atau layanan pasti memiliki permintaan yang lebih besar di lokasi tertentu. Anda perlu melakukan survei untuk mencari lokasi target yang lebih berpotensi meningkatkan angka penjualan. Setelah menemukan lokasi yang tepat, barulah Anda bisa mulai memasarkan produk di area tersebut.

Jasa SEO

5. Lakukan Ekspansi Bisnis

Anda bisa pula melakukan ekspansi bisnis setelah berhasil menarik banyak pelanggan dari suatu segmentasi pasar. Ekspansi bisnis tidak harus berpindah ke lokasi baru, tetapi bisa pula memasarkan produk ke segmentasi pasar lainnya. Cara ini paling berguna supaya kompetitor baru tidak akan merebut segmentasi pasar yang belum pernah dijangkau oleh suatu industri bisnis.

6. Ubah Desain Kemasan Produk

Selain meningkatkan kualitas produk, Anda pun perlu mengubah desain kemasan (packaging) produknya. Langkah ini sangat berguna untuk menarik perhatian target pasar yang sudah dimiliki oleh kompetitor. Contohnya, Anda bisa mengubah kemasan keripik dari plastik besar menjadi plastik berbagai ukuran kemasan, mulai dari 250g, 500g, 100g, dan sebagainya. Konsumen pun akan memiliki banyak pilihan bila menerapkan cara ini.

7. Berpikir Kreatif dan Menjadi Unik

Tantangan dalam penetrasi pasar dapat diatasi dengan berpikir kreatif dan unik. Skill berpikir inilah yang harus dimiliki oleh pebisnis apabila ingin berhasil. Anda harus menjadi lebih inovatif dalam melakukan strategi penjualan serta berani mengubah beberapa hal yang kurang relevan. Salah satu caranya, Anda bisa mengubah menu ayam geprek yang sudah ketinggalan zaman dengan menu nasi ayam dan sayuran goreng yang sedang kekinian.

Baca Juga: Strategi E-Commerce yang Disarankan Para Ahli

8. Lakukan Edukasi Pasar

Edukasi pasar merupakan kunci penting untuk memasuki pangsa pasar yang dikuasai oleh kompetitor. Penting sekali untuk memberikan edukasi kepada target pasar mengenai produk atau layanan Anda sebagai solusi baru dari merek yang sudah ada. Anda pun menonjolkan mengenai pentingnya penggunaan produk dari berbagai aspek kehidupan masyarakat.

9. Kembangkan Strategi Pemasaran yang Baru

Pangsa pasar yang baru tentu membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula. Hal inilah yang sering disadari oleh perusahaan yang telah lama berdiri sehingga mereka mulai menerapkan strategi pemasaran digital. Anda pun harus melakukan riset pasar kembali untuk memahami strategi pemasaran yang lebih relevan untuk menjangkau mereka.

Satu-satunya strategi pemasaran yang dapat menunjang keberhasilan strategi penetrasi pasar adalah digital marketing. Anda tidak perlu mempekerjakan karyawan yang ahli di bidang tersebut jika belum memungkinkan, tetapi manfaatkan saja jasa digital marketing dari ToffeeDev. 

Kami telah berhasil membantu perusahaan yang ingin melakukan inovasi dalam pemasaran sehingga produknya makin dikenal di dunia maya. Cukup konsultasikan mengenai strategi pemasaran bisnis Anda dan biarkan kami mengeksekusi strategi digital marketing yang cocok. Hubungi kami sekarang juga supaya strategi penetrasi pasar perusahaan Anda makin berhasil.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat