Dapatkan Panduan Belajar SEO WordPress di Sini!

Belajar SEO WordPress tidak memiliki batasan waktu. Anda bisa terus belajar mengenai SEO karena SEO sendiri pada dasarnya bersifat dinamis. Teknik dan strategi SEO selalu berubah setiap waktu. Sebuah teknik SEO yang relevan saat ini belum tentu akan relevan tahun depan. Nah, agar performa website Anda tetap baik dalam halaman pencarian, mari pelajari bersama panduan belajar SEO WordPress berikut ini.

Persiapan Belajar SEO WordPress

Sebelum mulai belajar SEO WordPress, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu:

Persiapkan domain

Pertama, tentu saja Anda harus menyiapkan domain terlebih dahulu. Untuk mempelajari SEO menggunakan WordPress, ada baiknya Anda belajar sambil praktek langsung. Oleh karena itu, siapkanlah dulu domain yang akan Anda gunakan. Bila memungkinkan, tentukan juga tema atau topik yang akan dibahas di situs Anda agar nantinya proses optimasi SEO dapat berjalan dengan lebih terarah.

Install CMS WordPress

Selanjutnya, tentu saja Anda harus mengunduh CMS WordPress untuk Anda gunakan. Setelah meng-intall WordPress, perhatikan tema yang digunakan pada website Anda. Pastikan tema WordPress yang Anda gunakan bersifat SEO-friendly. Untuk memastikannya, silahkan cek tema yang hendak Anda gunakan di Google web.dev terlebih dahulu.

Install plugin SEO WordPress

Terakhir, install plugin SEO pada WordPress Anda. Terdapat banyak plugin optimasi SEO di WordPress, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah Yoast SEO.

Memahami Konsep Dasar Belajar SEO WordPress Pemula

Langkah pertama dalam belajar SEO WordPress adalah memahami konsep dasarnya. SEO atau Search Engine Optimization sendiri adalah cara mengoptimasi website agar bisa tampil pada halaman pertama Search Engine Results Page (SERP). Sedangkan WordPress merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang memudahkan Anda untuk melakukan SEO.

Mengapa muncul di halaman pertama SERP itu penting? Website yang muncul pada peringkat teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan pengunjung. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung, maka traffic dari website tersebut pun akan meningkat. Bagi yang baru mengenal tentang SEO, Anda bisa mengikut langkah-langkah berikut ini.

1. Melakukan keyword research

Setelah memahami konsep dasar dari SEO WordPress, langkah selanjutnya adalah melakukan keyword research. Bisa dibilang, keyword adalah elemen inti dari SEO. Tanpa adanya keyword yang relevan dan menarik, website akan kesulitan mendapat pengunjung baru.

Saat melakukan keyword research, pastikan Anda memperhatikan search volumeSearch volume menunjukkan frekuensi suatu keyword digunakan pada mesin pencari. Jangan lupa juga untuk mengecek keyword difficulty yang menunjukkan tingkat kesulitan keyword muncul pada halaman pertama SERP. 

Baca Juga : 13 Kesalahan Keyword Research SEO yang Harus Dihindari

2. Membuat konten yang berkualitas

Jika Anda sudah mengantongi keyword yang relevan dan menarik, langkah belajar SEO WordPress selanjutnya adalah membuat konten. Website dengan konten yang berkualitas akan lebih mudah mendapat pengunjung. Lalu, bagaimana cara membuat konten berkualitas di WordPress?

Buatlah konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Katakanlah Anda menjual peralatan otomotif. Konten pada WordPress Anda bisa berisi tentang cara merawat komponen mesin mobil, tips memilih onderdil, dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi yang valid. Hindari membuat konten jebakan (clickbait). Selain kurang bermutu, konten clickbait justru akan membuat website Anda memiliki bounce rate yang tinggi. Jangan lupa juga untuk selalu mencantumkan keyword yang relevan pada setiap konten. 

Jasa SEO

3. Menyusun On-Page SEO

Belajar SEO WordPress juga tak bisa dilepaskan dari On Page SEO, yakni suatu langkah optimasi yang berfokus pada internal website. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar internal website memiliki performa optimal. Salah satunya adalah dengan menggunakan permalink. Apa itu permalinkPermalink adalah keseluruhan URL sebuah website. Agar website Anda lebih mudah ditemukan mesin pencari, pastikan permalink yang digunakan memuat informasi mengenai konten.

Baca Juga : 5 Strategi SEO On Page Yang Mudah Dan Efektif

Misalnya, Anda ingin membuat konten tentang tips fokus saat bekerja, maka permalink yang digunakan harus mencantumkan kata-kata “tips fokus saat bekerja”. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan meta description serta meta title yang sesuai dengan konten. Anda bisa memasukkan keyword di dalamnya agar tetap relevan dengan isi konten. Cara ini akan membuat mesin pencari lebih mudah menemukan konten website Anda.

4. Mempelajari Google Ranking

Terakhir, jangan lupa untuk mempelajari tentang Google Ranking. Sebenarnya, Google sebagai mesin pencari terbesar tidak pernah mempublikasikan secara gamblang bagaimana Google Ranking disusun. Namun, setidaknya ada 200 faktor pengaruh SERP yang dimunculkan Google. Dengan mempelajari tentang Google Ranking ini, Anda akan tahu kira-kira apa saja hal yang bisa menaikkan atau menurunkan peringkat website pada SERP.

5. Membuat Sitemap

Sitemap adalah file dengan format khusus yang berisi daftar semua laman yang ada di dalam situs Anda. Fungsinya adalah untuk memudahkan mesin pencari menemukan semua konten yang Anda publikasikan. Membuat sitemap memang tidak akan meningkatkan peringkat Anda di SERP, tetapi dengan adanya sitemap, situs Anda akan lebih cepat ditemukan dan diberikan peringkat oleh mesin pencari. Beberapa plugin SEO secara otomatis membuatkan XML sitemap untuk Anda.

Baca Juga: Sitemap: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

6. Verifikasi website Anda dengan Google Search Console

Setelah membuat sebuah sitemap, sekarang Anda harus memverifikasi website Anda dengan Google Search Console. Google Search Console, atau Webmaster Tools adalah sekelompok tools yang disediakan oleh Google agar anda bisa melihat bagaimana situs dan konten Anda dilihat oleh mesin pencari. Google Search Console dapat memberikan banyak data yang bermanfaat, seperti bagaimana laman tertentu muncul di SERP, seberapa sering situs Anda diklik dan dikunjungi, dan masih banyak lagi.

Dengan belajar SEO WordPress, Anda bisa menyusun strategi SEO yang lebih rinci dan tepat sasaran. Selain belajar dari panduan di atas, Anda juga bisa menggunakan jasa master SEO dari digital marketing agency ToffeeDev untuk menyusun strategi SEO WordPress yang lebih baik lagi. ToffeeDev juga terhubung dengan pakar SEO berpengalaman yang siap membantu optimasi website Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat