3 Cara Mengurangi Bounce Rate

cara menurunkan bounce rate

Memahami cara mengurangi bounce rate merupakan salah satu senjata utama yang perlu dimiliki oleh pemilik website maupun blog. Pasalnya, bounce rate yang tinggi akan memengaruhi beberapa hal seperti SERP yang menjadi anjlok, ranking penilaian situs menjadi lebih rendah, hingga monetisasi iklan menjadi buruk sekalipun trafik kunjungan tinggi. Kalau sudah begini, pundi-pundi pendapatan pun berisiko menurun.

Apa Itu Bounce Rate

Apa Itu Bounce Rate?

Bounce rate adalah persentase pengunjung yang langsung meninggalkan sebuah situs setelah membuka satu halaman saja dari situs tersebut—termasuk tidak melakukan tindakan apapun seperti menekan tombol menu yang tersedia, CTA, atau internal link lain yang ada pada halaman tersebut.

Ada beberapa kemungkinan yang membuat seorang pengunjung melakukan tindakan tersebut. Umumnya, pengunjung segera meninggalkan halaman situs dan menciptakan bounce rate karena kualitas konten pada halaman tersebut dianggap buruk sehingga pengunjung tidak tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh konten lainnya. Selain itu, angka bounce rate yang tinggi juga dapat terjadi karena konten yang tertera pada halaman tersebut tidak sesuai dengan informasi yang dicari.

Banner SEO - General 2

Faktor yang Membuat Bounce Rate Tinggi

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingginya bounce rate pada sebuah website. Berikut di antaranya.

1. Kecepatan Memuat Halaman Lambat

Kecepatan memuat halaman website menjadi faktor yang dapat memengaruhi pengalaman pengguna. Jika halaman lambat untuk dimuat, pengunjung cenderung meninggalkan situs dan beralih ke situs pesaing yang dapat memberikan informasi dengan lebih cepat dan efisien. Dampaknya tidak hanya pada kenyamanan pengguna, tetapi juga pada konversi dan penjualan. 

2. Desain Website yang Buruk

Desain halaman secara langsung mempengaruhi interaksi pengunjung. Desain yang buruk dapat membuat pengunjung bingung atau kesulitan menemukan produk yang mereka cari. Sebaliknya, desain yang baik membantu pengunjung merasa nyaman dan mudah menavigasi. 

Baca Juga: Contoh Alt Text Serta Definisi dan Dampaknya untuk SEO Strategi

3. Konten yang Tidak Relevan 

Bounce rate yang tinggi seringkali disebabkan oleh keberadaan konten yang tidak relevan di sebuah situs web. Ketika pengunjung datang ke halaman web dan tidak menemukan informasi yang sesuai dengan harapan atau kebutuhan mereka, mereka cenderung meninggalkan situs dengan cepat. 

Konten yang tidak relevan dapat menciptakan pengalaman pengguna yang buruk, merugikan kepercayaan pengunjung, dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk keluar tanpa menjelajahi halaman lain. 

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa konten yang disajikan sesuai dengan ekspektasi target audiens dan memberikan nilai tambah yang memotivasi mereka untuk tetap berinteraksi dengan situs lebih lanjut.

Banner SEO - Ebook 2

Alat untuk Memonitor Bounce Rate dan Keterlibatan Pengunjung

Berikut adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk memonitor bounce rate dan keterlibatan pengunjung di situs web.

1. Google Analytics

Google Analytics merupakan alat analisis web gratis yang memberikan wawasan mendalam tentang kinerja situs web Anda. Salah satu fitur Google Analytics adalah bounce rate, yang mengukur persentase pengunjung yang meninggalkan situs setelah melihat satu halaman.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan SEO pada E-Commerce? Apa Dampaknya Untuk Meningkatkan Visibilitas Bisnis?

2. Heatmap

Heatmap adalah sebuah alat analisis visual yang sangat berguna untuk memahami dan mengevaluasi cara pengunjung berinteraksi dengan situs web Anda. Heatmap memberikan visualisasi langsung tentang area-area di halaman web yang paling banyak diperhatikan atau terlibat oleh pengunjung dengan menggunakan warna. 

Area dengan warna yang lebih terang menandakan tingkat interaksi yang lebih tinggi, sementara area dengan warna yang lebih gelap menunjukkan kurangnya aktivitas. Beberapa tools heatmap website yang dapat Anda gunakan seperti Crazy Egg, Hojar, dan Mouseflow.

Baca Juga: Apa Itu Kredit Google Ads dan Cara Penggunaannya Agar Berjalan Efektif

3. A/B Testing

A/B testing atau juga dikenal sebagai split testing, merupakan teknik yang sangat efektif dalam mengukur dan meningkatkan performa situs web dengan membandingkan dua versi yang berbeda secara langsung. 

Tujuan utama A/B testing adalah untuk mengetahui mana dari dua versi yang lebih efektif dalam menurunkan bounce rate dan meningkatkan keterlibatan pengunjung.

Ini adalah cara yang kuat untuk meningkatkan efektivitas situs web Anda dengan menciptakan perubahan yang terukur dan berorientasi pada hasil. Mengimplementasikan praktik terbaik yang ditemukan melalui A/B testing membuat situs web dapat terus berkembang dan beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dan tujuan bisnis.

Cara Mengurangi Bounce Rate

Cara Mengurangi Bounce Rate

SEO bukanlah pekerjaan yang mudah—karena itu banyak pemilik situs yang menggunakan jasa pakar SEO. Kendati begitu, tidak semua langkah-langkah SEO harus sepenuhnya diserahkan kepada pihak jasa SEO profesional. 

Beberapa cara menurunkan bounce rate pada website seperti berikut misalnya, dapat dilakukan sendiri oleh pemilik situs atau tim internalnya. 

1. Membuat Konten Menarik

Akan selalu ada beberapa—bahkan sangat banyak—konten dengan topik serupa yang bertebaran di internet. Maka dari itu, pemilik website maupun blog harus menyajikan konten yang lebih menarik dan unik dibandingkan kompetitor lainnya.

Konten yang menarik memiliki alur cerita yang apik dan tersusun rapi—karena itu, penting untuk memperhatikan logika kalimat. Buatlah konten yang dapat memberi sentuhan personal dan berempati terhadap pengunjung yang membaca. Selain itu, menggunakan kalimat sapaan yang tepat sesuai konteks juga akan sangat membantu.

Selalu menempatkan diri menjadi pembaca sehingga memahami point of view dari pengunjung merupakan hal esensial lainnya. Pemilik situs harus dapat melihat beberapa sudut pandang dari pengunjung, seperti sedetail apa informasi yang dibutuhkan, apakah diksi yang digunakan mudah diterima, mudahkah untuk dipahami kalimat yang disusun, dan sebagainya. Dengan begitu, konten yang dihasilkan pun dapat mengakomodasi hal-hal yang diharapkan pengunjung.

Baca Juga: Voice Search Optimization Tips Dalam SEO

2. Meningkatkan Kualitas Konten

Tak cuma menarik, kualitas konten pun penting untuk diperhatikan. Hal ini lebih cenderung terhadap hal-hal teknis penulisan.

Pengguna internet terbiasa membaca cepat. Maka dari itu, artikel yang terdiri dari paragraf-paragraf pendek akan sangat membantu dan nyaman bagi mereka. Tentunya, meminimalkan kalimat yang bertele-tele juga tak kalah penting.

Subheading juga memegang peranan penting. Hal ini akan mempermudah pengunjung menemukan poin-poin penting yang mereka butuhkan dalam konten.

Menambahkan visual yang relevan dan menarik akan meningkatkan pula kualitas konten di mata pengunjung. Pengunjung pasti akan merasa jemu jika hanya membaca teks dari awal hingga akhir dalam halaman tersebut. Di samping itu, media visual akan turut membantu pengunjung lebih memahami penjelasan yang dimaksud.

Banner SEO x CRO 2

3. Membuat Konten yang Sesuai

Persentase bounce rate akan makin tinggi jika pengunjung tidak menemukan informasi yang tidak sesuai. Oleh sebab itu, konten dan keyword haruslah selaras dan berkaitan dalam topik yang sama. Pengunjung tentu akan kesal jika mencari produk dapur, tetapi situs yang muncul di laman pencarian justru menyediakan produk skincare yang sedang viral, bukan?

Secara umum, keyword berdasarkan search intent dibagi ke dalam empat kategori: informational, navigational, commercial investigation, dan transactional. Dengan menggunakan keyword yang tepat, pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan informasi yang diinginkan dan makin puas dengan kualitas situs tersebut.

Cara menurunkan bounce rate tak hanya berhenti pada tiga poin di atas. Jasa SEO biasanya juga akan menyarankan—bahkan melakukan—perbaikan desain web, seperti pengaturan open in new tab, penggunaan pop up, design mobile friendly, dan berbagai metode teknis lainnya.

Menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev menjadi langkah yang cerdas. Melalui tim yang profesional, kami akan membantu website Anda berada di peringkat pertama. Tidak hanya itu, kami juga akan  meningkatkan pengunjung dan penjualan dari bisnis. Jadwalkan konsultasi sekarang juga dan kembangkan bisnis anda bersama ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat