Memahami Seluruh Jenis Pemasaran Digital

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis pemasaran digital yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis? Pemasaran digital atau yang biasa disebut dengan digital marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dalam dunia digital mulai dari media sosial, website, email, bahkan platform penyedia layanan video seperti YouTube. 

Strategi digital marketing mulai terus digunakan selama beberapa tahun terakhir ini, khususnya bagi para entrepreneur pemula karena penggunaannya yang relatif lebih mudah dan juga pemasangan iklan dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, apabila saat ini Anda sedang ingin mengembangkan bisnis yang dimiliki, simak 5 jenis digital marketing di bawah ini yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjual dengan menjangkau lebih banyak calon customer

Baca Juga : 5 Tips untuk Menyusun Strategi Pemasaran Digital yang Baik

5 Jenis Pemasaran Digital

Berikut ini beberapa jenis pemasaran digital yang dapat digunakan untuk meningkatkan bisnis, yaitu:

1. Social Media Marketing

Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok merupakan platform social media yang paling sering digunakan sehari-hari. Awalnya, social media digunakan oleh beberapa kalangan pribadi untuk mengunggah post seputar keseharian mereka. Namun, seiring berubahnya waktu dan berkembangnya teknologi, social media mulai digunakan sebagai wadah profesional untuk memasarkan bisnis.

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan social media dalam meningkatkan bisnis. Anda bisa melakukan branding dengan memposting konten-konten seputar produk atau jasa yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ads atau fitur periklanan melalui social media sehingga dapat menjangkau lebih banyak audience dan tentu saja meningkatkan pendapatan bisnis.

2. Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu jenis pemasaran digital yang cukup memiliki dampak yang besar untuk mendatangkan calon customer. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menjaga hubungan dengan customer yang sudah ada dengan email marketing. Biasanya email marketing dapat berisi informasi seputar promosi, produk, arahan untuk mengunjungi website, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Inilah Berbagai Manfaat Email Marketing bagi Bisnis Anda

3. Search Engine Optimization (SEO)

Bagi Anda yang telah memiliki website, ada cara atau strategi yang biasa digunakan untuk dapat meningkatkan traffic website atau bahkan memunculkan website tersebut pada halaman pertama Google. Cara tersebut adalah SEO atau Search Engine Optimization

Cara menggunakan SEO ini adalah dengan membuat konten seperti artikel yang sesuai dengan kata kunci tertentu. Kata kunci ini biasanya bersifat relevan dengan kata kunci dari bisnis yang Anda jalani dan juga dibandingkan dengan volume kata kunci serupa yang sering dicari oleh pengguna internet. Dengan demikian, semakin sering user atau audience mengunjungi website Anda, semakin tinggi pula traffic website tersebut, maka semakin besar kesempatan untuk dapat muncul di halaman pertama Google.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Selain SEO, ada juga SEM atau Search Engine Marketing. SEM ini juga digunakan untuk meningkatkan traffic website serta visibilitasnya dengan menampilkan pada halaman pertama Google paling atas. Jika Anda pernah mencari sebuah kata kunci lalu melihat ada kata ‘ads’ pada beberapa website yang berada di posisi paling atas halaman pertama Google, maka itu merupakan contoh dari SEM.

5. Video Marketing

Jenis pemasaran digital terakhir adalah video marketing. Dari namanya, tentu saja strategi ini menggunakan video sebagai strategi digital marketing. Video marketing dapat meningkatkan peluang untuk menarik calon customer dibandingkan konten biasa seperti desain visual atau artikel. Anda dapat memasang video marketing di hampir seluruh platform mulai dari YouTube, social media, hingga website.

Baca Juga : Top 10 Video Marketing Tips Untuk Local Business

Kembangkan Bisnis Anda Melalui Digital Marketing

Itulah kelima jenis pemasaran digital yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan konsultasi seputar strategi digital marketing yang tepat untuk memasarkan bisnis, ToffeeDev siap untuk menjawab seluruh kebutuhan pebisnis di Indonesia sebagai Digital Marketing Agency yang terpercaya dan profesional. Hubungi kami sekarang juga untuk pembuatan janji konsultasi digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post