Langkah-Langkah Melakukan Affiliate Marketing

Langkah-Langkah Melakukan Affiliate Marketing

Bagaimana langkah langkah melakukan afiliasi pemasaran? Affiliate marketing menjadi salah satu cara menarik dan cukup mudah untuk menghasilkan uang bagi kalangan milenial melalui pemanfaatan media digital dan internet. 

Namun tidak hanya pada sisi individu saja, perusahaan juga diuntungkan melalui cara ini sebab produk yang dihasilkan menjadi lebih banyak diketahui dan dikenal. Untuk mengetahui apa itu affiliate marketing dan langkah langkah melakukan afiliasi pemasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Afiliasi pemasaran atau affiliate marketing adalah sistem bisnis yang melibatkan orang lain di luar perusahaan untuk memasarkan produk perusahaan. Seseorang kemudian akan menerima komisi ketika berhasil menjual produk barang atau jasa dari perusahaan. Maka dari itu dibutuhkan kemampuan berbicara, menulis dan pengetahuan tentang periklanan yang baik.

Affiliate marketing adalah metode pemasaran digital dengan memanfaatkan penggunaan link suatu produk yang dibagikan kepada audiens agar dapat menemukan produk tersebut dengan mudah. Penggunaan link  tersebut juga akan dideteksi oleh sistem bahwa produk tersebut dibeli melalui link akun affiliate marketer

Melalui link tersebutlah besaran komisi yang akan didapatkan dihitung, sebab hal tersebut menunjukkan bahwa seseorang berhasil menarik pembeli untuk melakukan transaksi produk. Selain itu, beberapa perusahan juga menerapkan affiliate marketing menggunakan kode referral dengan keuntungan diskon jika menggunakan kode tersebut. 

Baca Juga: 7 Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Fungsi Affiliate Marketing

Affiliate marketing berfungsi sebagai alat pemasaran yang efektif dan mudah dipercaya sebab metode pemasaran dilakukan dengan melakukan review terhadap sebuah produk. Saat ini, sebagian besar pengguna media sosial lebih tertarik dan percaya pada review jujur dari sebuah akun karena ulasan yang diberikan cenderung lebih meyakinan dan berdasarkan kenyataan.

Tujuan Affiliate Marketing

Metode pemasaran affiliate marketing ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai produk besar dengan tujuan peningkatan brand awareness pada produk tersebut dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Apabila sebuah brand banyak diketahui, besar kemungkinan akan datang pelanggan baru yang melakukan transaksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

5 Langkah Melakukan Afiliasi Pemasaran untuk Bisnis Anda

Langkah Melakukan Afiliasi Pemasaran untuk Bisnis Anda

Menggunakan affiliate marketing sebagai salah satu cara pemasaran pada produk Anda dapat memberikan banyak keuntungan salah satunya adalah dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa membutuhkan lebih banyak karyawan. Affiliate marketing dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Mengenal Target Pasar

Sebelum menentukan media dan akun pemasaran, Anda harus mengenal target pasar produk terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan karena pemasaran yang berhasil ditandai dengan tersampaikannya pesan produk pada target pasar dan mampu menarik pelanggan baru. Selain itu, target pasar juga akan menentukan riset pemasaran selanjutnya yang berkaitan dengan media beserta siapa influencer atau pemasar yang sesuai.

Baca Juga: 4 Perbedaan Personal Selling dan Direct Marketing

2. Memilih Influencer atau Akun yang Sesuai

Dalam melakukan affiliate marketing, pastikan Anda memilih akun untuk memasarkan yang sesuai dengan target pasar produk. Hal ini merupakan salah satu langkah penting yang memengaruhi kesuksesan pemasaran. 

Sebagai contoh, apabila produk yang ditawarkan merupakan pakaian wanita, lakukan riset mengenai berbagai influencer atau akun yang cukup berpengaruh untuk melakukan review produk. Sehingga, pesan dan manfaat produk akan tersampaikan pada audiens yang sesuai.

3. Menentukan Media yang Tepat

Belakangan ini, banyak media digital yang memudahkan siapa saja untuk membuat sebuah konten dan dilihat lebih banyak orang. Dengan berbagai media digital yang dapat dimanfaatkan, Anda dapat menentukan media yang tepat sebagai media pemasaran. 

Sebagai contoh, Anda menawarkan program afiliasi perusahaan pada media sosial TikTok dengan menunjukkan berbagai kelebihan program. Sehingga besar kemungkinan para pengguna di dalamnya tertarik untuk mencoba bergabung dan melakukan review produk, sehingga produk  akan dikenal lebih banyak orang. 

4. Arahkan Influencer dalam Membuat Konten

Sebagai pemilik produk, Anda memiliki kewenangan untuk mengarahkan influencer mengenai pembuatan konten. Agar konten dapat digunakan sebagai bahan review atau testimoni jangka panjang, arahkan setiap pemasar untuk membuat konten timeless atau mengandung informasi yang pasti dan tetap dapat digunakan meskipun dalam waktu yang panjang. 

Jasa SEO

5. Tidak Hanya Berfokus Pada Satu Pilihan

Kesuksesan pemasaran melalui affiliate marketing tidak dapat tercipta apabila perusahaan hanya fokus pada satu pilihan media dan influencer saja. Tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai media sosial untuk memasarkan program afiliasi perusahaan agar dapat diketahui lebih banyak pengguna di dalamnya dan produk dapat dikenal oleh pasar yang lebih besar.

Kelebihan Menggunakan Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau afiliasi pemasaran memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui. Hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk menggunakan affiliate marketing sebagai metode pemasaran produk. Adapun kelebihan dari affiliate marketing adalah:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Affiliate marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang efektif untuk membantu meningkatkan brand awareness kepada lebih banyak audiens. Terlebih pada perusahaan baru, affiliate marketing dapat memperkenalkan produk dan brand pada pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Seluk Beluk Brand Awareness yang Wajib Anda Ketahui

2. Biaya Rendah dan Fleksibel

Pembagian keuntungan yang dilakukan dilakukan oleh perusahaan dengan affiliate marketer memberi Anda banyak fleksibilitas. Perusahaan tidak membutuhkan biaya yang lebih besar karena komisi yang diterima oleh para kreator diberikan berdasarkan jumlah barang terjual.

Kelebihan Kekurangan Menggunakan Affiliate Marketing

Kekurangan Strategi Affiliate Marketing

Sedangkan itu, ada beberapa kekurangan dari strategi pemasaran satu ini yang bisa Anda waspadai, seperti: 

1. Banyaknya Kompetitor

Metode pemasaran berbentuk affiliate marketing saat ini banyak menjadi pilihan bisnis dan brand termasuk produk kompetitor perusahaan. Terlebih ketika produk kompetitor memiliki lebih banyak direview dan perusahaan kompetitor memiliki lebih banyak anggota afiliasi. 

2. Pengurangan Keuntungan

Dalam melakukan affiliate marketing, perusahaan harus siap dengan pengurangan keuntungan penjualan yang disebabkan oleh pembagian dengan akun terkait. Meskipun nilai pengurangan keuntungan relatif kecil, namun perusahaan tetap harus melakukan perhitungan seluruhnya secara rinci.

Jadi itu dia langkah langkah melakukan afiliasi pemasaran atau affiliate marketing yang dapat Anda terapkan pada bisnis atau perusahaan. Berbagai kelebihan pemasaran tersebut dapat dicoba untuk menjangkau pasar yang lebih besar. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu terutama pada target pasar agar metode pemasaran tidak berakhir sia-sia. 

Selain affiliate marketing, Anda juga dapat memanfaatkan jasa pengelolaan digital marketing seperti ToffeeDev untuk mengoptimalisasikan situs web perusahaan sebagai metode pemasaran. Memberikan informasi pada mesin pencarian dengan penulisan sesuai dengan aturan SEO juga dapat membantu meningkatkan brand awareness pada produk Anda. 

Tertarik untuk mencoba? Hubungi kami sekarang juga untuk informasi produk selengkapnya.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat