Wajib Tahu, 13 Tips Berjualan Online agar Sukses

Wajib Tahu, 13 Tips Berjualan Online agar Sukses

Apa saja yang Anda perlukan saat membuka bisnis online selain produk dan media sosial? Tentu saja tips berjualan online. Bisnis online hanya akan berjalan di tempat kalau Anda tidak memahami tips dan langkah-langkah praktisnya. Berjualan online tidak semudah yang Anda lihat di media sosial sehingga Anda perlu menerapkan strategi dan langkah praktisnya.

Berjualan secara online tentu memiliki ‘aturan main’ yang berbeda dari berbisnis offline. Anda perlu mengetahui aturan tersebut sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis online. Apa saja aturan dan tips praktis yang bisa diterapkan dalam berjualan online? Cari tahu selengkapnya dalam pembahasan ini.

Baca Juga: Mengetahui Cara Formulasi Strategi Bisnis Online yang Baik

Keunggulan Berjualan Online pada Era Digital

Keunggulan Berjualan Online pada Era Digital

Era digital seperti tahun 2022 ini merupakan masa emas untuk mendagangkan barang atau jasa secara online. Banyak masyarakat Indonesia berhasil mencapai kesuksesan hanya dengan berjualan online, meskipun menggunakan sistem dropship atau reseller. Seperti apa keuntungan yang diperoleh dari berjualan online pada saat ini?

Baca Juga: Perbedaan Reseller dan Dropship: Cari Tahu yang Lebih Untung

1. Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Peluang keberhasilan berjualan online lebih besar daripada berjualan secara langsung. Anda bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas tanpa mengenal batas provinsi atau negara. Keuntungan tersebut makin terasa apabila berjualan di website jual-beli yang menyediakan layanan gratis ongkir ke wilayah mana pun sehingga banyak pelanggan yang makin tertarik.

2. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Masyarakat Indonesia pun tertarik berjualan online karena mereka tidak harus mengeluarkan modal besar. Anda tidak harus membayar biaya untuk menyewa toko, gudang penyimpanan barang, atau peralatan yang lebih canggih. Cukup manfaatkan smartphone serta jaringan internet yang dimiliki dan Anda sudah bisa berjualan secara online.

Baca Juga: 10 Strategi Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

3. Proses Pemasaran Lebih Praktis

Berjualan online juga lebih menguntungkan dari segi pemasaran. Anda tidak perlu mencetak brosur atau menyebarkan selebaran kepada setiap orang. Cukup gunakan media pemasaran online seperti memasang iklan digital atau menjalankan media sosial, Anda sudah bisa mempromosikan produk ke orang banyak dan pasar yang lebih luas.

13 Tips Berjualan Online Bagi Pemula

Anda sudah yakin ingin berjualan online setelah melihat keunggulan di atas? Anda perlu mempersiapkan diri dengan membaca tips sukses berjualan online di bawah ini. Lakukan tips di bawah ini supaya Anda berhasil saat berjualan online.

1. Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Deskripsi produk dapat memengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Anda harus mengisi kolom deskripsi produk dengan kalimat yang persuasif supaya berhasil menarik sisi emosional pelanggan. Kenali dahulu target konsumen Anda, barulah bisa mengetahui gaya bahasa yang cocok untuk membuat deskripsi produk yang menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Copywriting Bisnis Online Yang Baik

2. Pilih Platform Jual-Beli yang Mudah

Alasan orang tertarik membeli produk secara online adalah barangnya mudah didapatkan. Anda perlu menggunakan platform jual-beli yang mudah dan familier digunakan oleh pelanggan. Pastikan pula platform yang digunakan bersifat responsif sehingga proses pembeliannya tidak akan terhambat.

3. Sediakan Berbagai Opsi Pembayaran

Sediakan Berbagai Opsi Pembayaran

Pelanggan pun akan puas apabila mereka tidak harus mengeluarkan biaya lebih ketika ingin membayar suatu produk. Pastikan bisnis Anda memiliki opsi pembayaran yang bervariasi dan sering digunakan oleh pelanggan. Solusi lebih efektif adalah menyediakan media pembayaran terintegrasi dengan scan barcode.

4. Pastikan Produknya sesuai Target Pasar

Produk Anda akan lebih laku terjual apabila sesuai keinginan atau selera target pasar. Anda bisa melakukan analisis mengenai minat pasar terlebih dahulu sebelum menentukan produk yang ingin dijual.

Baca Juga: 12 Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat Sasaran

5. Cobalah Live Shopping

Tips ini bisa dicoba bagi Anda yang berjiwa ekspresif. Anda pun bisa mencoba live shopping di media sosial atau situs jual-beli supaya pelanggan lebih tertarik. Pelanggan pun tidak ingin ketinggalan dan berusaha mendapatkan produk Anda apabila menerapkan cara ini. Idealnya, live shopping dilakukan kalau stok barang yang tersedia cukup terbatas.

6. Gunakan Word-of-Mouth Marketing

Gunakan Word-of-Mouth Marketing

Strategi word-of-mouth-marketing memang unggul dalam mendapatkan perhatian pelanggan. Anda bisa mencoba strategi ini atau menyewa micro-influencer untuk melakukan word-of-mouth marketing.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Influencer Marketing

7. Pasang Testimoni Produk

Kepercayaan pelanggan makin meningkat ketika melihat mereka ada testimoni produk di profil bisnis. Testimoni juga berguna sebagai panduan bagi pelanggan baru ketika ingin membeli produk Anda. Mintalah ulasan lengkap dari pelanggan yang pernah berbelanja di toko Anda supaya pelanggan baru makin yakin untuk membeli produknya.

8. Buat Kategori Produk yang Jelas

Strategi ini perlu dilakukan kalau Anda hendak menjual lebih dari satu jenis produk. Anda harus memudahkan pelanggan dengan membagi produk menjadi beberapa kategori. Walaupun terdengar merepotkan, tips ini sangat berguna untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan Anda.

9. Tentukan Unique Selling Point (USP)

Banyak produk yang mirip dengan produk Anda di media sosial atau situs jual-beli. Solusinya, Anda harus menetapkan Unique Selling Point atau nilai jual produk yang menjadi pembeda antara produk Anda dengan produk kompetitor. Tonjolkan USP tersebut dalam deskripsi produk atau caption media sosial yang digunakan.

Baca Juga: 6 Tips Cara Membuat Caption untuk Instagram

10. Pasang Harga Sewajarnya

Kesulitan terbesar dalam berjualan online adalah menetapkan harga produk. Rahasianya adalah Anda harus mengetahui buying habit pelanggan, terutama biaya yang rela dikeluarkan untuk mendapatkan produk Anda. Cocokkan dengan biaya produksinya, barulah Anda bisa memasang harga yang pas untuk produk yang ingin dijual.

11. Gunakan Hashtag atau Kata Kunci Pencarian

Hashtag atau kata kunci sangat memudahkan pengguna media sosial atau website marketplace untuk mencari barang yang dibutuhkan. Lakukan riset mengenai hashtag atau kata kunci yang relevan dan sering digunakan oleh pelanggan untuk mencari produk Anda. Anda bisa menggunakan keyword tool untuk menemukan kata kunci dan hashtag yang tepat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Research Keyword Yang Efisien

12. Tetap Sabar dan Bersikap Realistis

Berjualan online pun membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama sehingga Anda harus sabar. Pasang juga ekspektasi yang realistis supaya Anda tidak mudah putus asa dalam berjualan online. Adakalanya Anda harus menurunkan harga atau memasang diskon supaya produknya berhasil terjual.

13. Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Berjualan online tidak akan berhasil kalau Anda tidak menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Anda harus menjalankan strategi digital marketing yang sesuai dengan skala bisnis agar bisa menjangkau target pasar yang diinginkan. Ada banyak pilihan saluran digital marketing yang bisa dicoba, mulai dari iklan media sosial, Search Engine Optimization, atau e-mail marketing.

Baca Juga: Mengenal Apa Perbedaan SEO vs SEM

Jasa SEO

Apakah Anda masih bingung mencari strategi pemasaran digital yang tepat? Cobalah berkonsultasi dengan ToffeeDev mengenai strategi yang cocok dengan bisnis Anda. Anda pun dapat menyerahkan tugas digital marketing kepada tim ToffeeDev agar lebih fokus berjualan online. Tim kami akan menjalankan strategi digital marketing dan Anda cukup menerima laporannya secara rutin. Hubungi kami dan capai target Anda dalam berjualan online dengan jasa digital marketing ToffeeDev.
Banyak sekali tips berjualan online yang bisa Anda terapkan, bukan? Tidak perlu khawatir apabila salah satu tips di atas gagal atau tidak cocok dengan bisnis Anda. Masih ada tips lainnya yang bisa dicoba hingga Anda berhasil berjualan online. Selamat mencoba dan semoga bisnis online Anda tetap sukses!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat