11 Tips Jualan Online Agar Laris

tips jualan online

Bukan hal yang mudah ketika Anda menjalankan bisnis secara online agar bisa bertahan dan bersaing. Persaingan makin ketat dan sulit lantaran banyaknya kompetitor menjual produk yang sama. Namun, Anda tidak perlu khawatir, bisnis Anda bisa terus berkembang dan sukses dengan menerapkan tips jualan online yang tepat.

Penasaran apa saja tips sukses berjualan online? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Besarnya Peluang Jualan Online di Era Digital

peluang-jualan-online

Berjualan online menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan di era digital seperti sekarang ini. Semua aktivitas jual beli bisa dilakukan dengan mudah dan praktis berkat kehadiran internet.

Terlepas dari banyaknya pelaku bisnis online, tidak semuanya bisa berjalan lancar dan berhasil. Anda perlu melakukan beberapa strategi agar mampu bertahan dan bersaing dengan kompetitor. Oleh sebab itu, kami akan berikan tips jitu agar bisa sukses berjualan online. Simak penjelasannya berikut ini.

11 Tips Jualan Online Agar Sukses

Berikut ini kami sajikan beberapa tips ampuh yang bisa dicoba agar jualan online Anda sukses di pasaran.

1. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Pertama, Anda perlu menentukan produk yang ingin dijual. Tipsnya, Anda bisa menjual produk yang banyak disukai orang atau yang sedang tren dan banyak dicari. Anda bisa pula menjual produk yang dapat menyelesaikan masalah calon pelanggan.

Pilihan lainnya adalah menjual produk-produk yang sudah Anda pahami dan kuasai, seperti menjual barang hobi. Barang-barang hobi bisa menjadi peluang yang sangat bagus apalagi jika Anda tergabung dalam suatu komunitas.

2. Tentukan Pelanggan yang Tepat

Hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah menentukan calon pelanggan untuk produk yang ingin dijual. Anda menjadi lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran apabila mengetahui siapa target konsumennya.

Contohnya, Anda menjual pakaian yang targetnya adalah anak-anak muda, maka strategi pemasaran dengan penggunaan gaya bahasa yang lebih santai sangat cocok untuk mereka sehingga produk Anda akan lebih mudah diterima.

Baca Juga: Mengapa Perlu Melakukan Riset Pemasaran?

3. Tentukan Unique Selling Point (USP)

USP sendiri adalah hal unik yang menjadi pembeda antara Anda dengan penjual lainnya. USP berbeda dengan kelebihan dari produk pada umumnya yang bisa saja dimiliki oleh kompetitor. USP haruslah menjadi nilai jual yang hanya dimiliki oleh produk Anda.

Produk yang Anda jual akan lebih mudah untuk diingat dan lebih disukai calon pelanggan dengan adanya USP.

4. Buat Website Toko Sendiri

Memiliki website toko sendiri juga menjadi tips penting agar bisa sukses berjualan online. Bisnis yang memiliki website dapat meningkatkan kredibilitas sehingga lebih dipercaya oleh pelanggan.

Namun, website yang Anda miliki juga harus memiliki tampilan yang baik dan profesional. Website yang dirancang biasa-biasa saja, justru akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda dan berpotensi kehilangan pelanggan.

website toko

5. Gunakan Foto yang Menarik

Masalah dalam berjualan online adalah pelanggan tidak bisa mengecek produk secara langsung. Oleh karena itu, gunakanlah foto yang bagus untuk menarik perhatian sekaligus meyakinkan calon pelanggan agar membeli produk Anda.

Saat ini, produksi foto yang bagus sudah cukup dengan kamera handphone. Usahakan foto memiliki pencahayaan yang cukup dan resolusi yang baik agar hasilnya lebih maksimal.

6. Optimalkan Media Sosial

Media sosial untuk berjualan membuat Anda lebih mudah menjangkau pelanggan yang lebih luas. Sudah banyak media sosial yang menyediakan fitur toko (shop), contohnya Instagram, Facebook, dan Tiktok, sehingga lebih memudahkan Anda dalam berjualan secara online.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan serta meminta masukkan terhadap produk Anda.

Baca Juga: Mengenal Internet Marketing yang Bermanfaat Saat Ini

7. Buat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Untuk tips ini, Anda harus menguasai teknik copywriting. Copywriting adalah teknik penulisan dalam pemasaran yang sifatnya persuasif. Anda bisa mengajak dan mendorong calon pelanggan secara emosional untuk membeli produk dengan teknik copywriting yang tepat.

Buatlah copywriting pada kolom deskripsi dan judul seunik dan semenarik mungkin agar calon pelanggan tertarik untuk bertransaksi di toko Anda.

8. Rajin Melakukan Promosi

Rutin melakukan promosi juga menjadi tips sukses berjualan online. Promosi yang sering dilakukan akan membuat bisnis Anda makin dikenal banyak orang. Anda bisa melakukan promosi dengan berbagai cara seperti menggunakan social media ads, SEM, KOL, dan lain-lain.

Setiap cara promosi mempunyai fungsi dan kelebihannya sendiri, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

melakukan promosi adwords

9. Minta Testimoni Pelanggan

Anda juga bisa meminta testimoni kepada pelanggan yang sudah pernah membeli produk agar toko online Anda lebih tepercaya. Testimoni tersebut bisa ditampilkan pada website, unggahan media sosial, atau toko e-commerce Anda.

Selain bisa menambah kredibilitas toko, Anda bisa mendapatkan  masukkan untuk memberikan pelayanan dan kualitas produk yang lebih baik lagi ke depannya melalui testimoni.

10. Lakukan Evaluasi

Apa pun bisnisnya, evaluasi merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Evaluasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas toko Anda supaya makin baik ke depannya. 

Evaluasi pun berguna dalam mengetahui produk yang paling laku, strategi pemasaran yang paling cocok, apa saja yang perlu ditingkatkan, dan lain-lain. Jadi, kalau Anda ingin sukses berjualan online, lakukanlah evaluasi dengan rutin.

11. Tetap Konsisten dan Pantang Menyerah

Dalam memulai sebuah bisnis online, pasti akan ada banyak rintangan yang membuat Anda merasa lelah dan bosan. Apalagi jika Anda seorang pemula, bulan-bulan awal penjualan pasti omzet yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Jangan khawatir, peristiwa tersebut sangat wajar dialami. Anda hanya perlu melakukan yang terbaik dan terus berusaha, karena konsisten dan pantang menyerah adalah kunci sukses dalam berjualan online.

Baca Juga: 6 Tips Instagram Ads agar Menarik Banyak Audience

5 Ide Jualan Terlaris Tahun 2022 yang Bisa Anda Coba

ide jualan online

Anda sudah mengetahui tips sukses berjualan online. Pertanyaannya, ide jualan apa yang paling laris untuk dijalankan tahun ini? 

Kami sudah merangkum beberapa rekomendasi produk terlaris yang bisa Anda jual secara online. Berikut adalah daftarnya.

1. Gadget

Gadget pernah mencapai angka pencarian tertinggi pada 2022 ini. Artinya, gadget bisa menjadi pilihan produk yang sangat laris untuk dijual secara online.

2. Makanan

Makanan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Produk ini bisa menjadi peluang baik bagi Anda yang ingin berjualan secara online. Buatlah kemasan yang aman dan menarik agar pelanggan senang berbelanja di toko Anda.

3. Pakaian

Kemudahan berbelanja pakaian secara online menjadi salah satu alasan mengapa Anda perlu mencoba bisnis ini. Banyak orang gemar berbelanja pakaian secara online karena dinilai lebih praktis.

4. Skincare

Skincare saat ini seperti sudah menjadi kebutuhan pokok. Maraknya influencer produk kecantikan ternyata sangat memengaruhi lonjakan permintaan skincare di pasaran dan minat orang untuk membelinya. Skincare bisa menjadi opsi terbaik yang bisa dicoba untuk jualan online.

5. Aksesoris

Aksesoris juga bisa menjadi salah satu produk yang laris dijual secara online. Banyak produk aksesoris yang bisa Anda jual secara online seperti aksesoris HP, mobil, rumah dan lain-lain.

Jasa SEO

Jadi, itulah penjelasan tentang tips jualan online agar laris di pasaran. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. ToffeeDev hadir saat ini untuk membantu bisnis Anda berkembang secara online dengan memanfaatkan strategi digital marketing terbaik dan tepercaya. Hubungi ToffeeDev melalui WhatsApp untuk membuka peluang bisnis secara tepat dan efektif sekarang juga!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat