4 Tips Membuat Artikel SEO yang Baik dan Menarik

Tips Membuat Artikel SEO yang Baik dan Menarik

Mendapatkan peringkat teratas pada hasil mesin pencarian Google adalah impian semua pebisnis. Namun, untuk mewujudkannya bukanlah perkara yang mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat website Anda berada pada halaman teratas Google adalah dengan membuat artikel SEO. Lantas, bagaimana cara membuat artikel SEO yang baik dan menarik agar dapat meningkatkan posisi website?

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Artikel SEO?

Artikel SEO adalah jenis artikel yang dapat membantu dalam menunjang optimasi website. Penulisan artikel SEO mengikuti aturan atau kaidah yang disukai oleh algoritma Google, sehingga sangat berpotensi untuk tampil pada halaman pertama mesin pencarian atau SERP (Search Engine Result Page)

Banyak pebisnis atau perusahaan yang menggunakan artikel SEO untuk membantu dalam melakukan strategi pemasaran jangka panjang. Alasannya, karena biaya yang dikeluarkan untuk membuat artikel SEO tergolong murah bahkan gratis.

Jasa SEO

Pentingnya Peran Artikel SEO untuk Digital Marketing

Artikel SEO memiliki peran yang penting dalam membantu strategi pemasaran digital. Anda dapat memanfaatkan artikel SEO untuk meningkatkan posisi website Anda pada hasil mesin pencarian Google, sehingga akan mendatangkan traffic yang lebih tinggi dan meningkatkan brand awareness. Selain itu, artikel SEO juga dapat meningkatkan kredibilitas website Anda, karena memberikan konten yang berkualitas.

Saat website Anda dinilai kredibel oleh pengunjung, maka bukan tidak mungkin mereka akan membeli produk yang dijual. Jadi, secara tidak langsung artikel SEO ini dapat membuat omzet penjualan Anda meningkat.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly yang Menarik

3 Ciri Artikel SEO yang Baik

Ciri Artikel SEO yang Baik

Artikel SEO memiliki ciri yang berbeda dengan artikel biasa pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa ciri artikel SEO yang perlu Anda ketahui.

1. Memiliki Sebaran Kata Kunci yang Cukup

Ciri pertama artikel SEO adalah memiliki sebaran kata kunci yang tidak berlebihan alias cukup. Biasanya, penulisan kata kunci pada artikel SEO terdapat pada judul, subjudul, paragraf pertama, tengah artikel, dan juga akhir paragraf. Selain dalam artikel, kata kunci juga bisa dimasukan kedalam URL dan juga alt text pada gambar.

2. Terdapat Internal Link

Ciri yang mudah ditemui pada artikel SEO adalah adanya internal link. Internal link sendiri merupakan tautan yang dapat menghubungkan dua halaman yang berbeda dalam suatu website. Biasanya internal link digunakan untuk memberikan rekomendasi artikel yang relevan dengan yang sedang dibaca oleh pengunjung.

3. Dilengkapi Gambar yang Relevan

Selanjutnya, artikel SEO juga biasanya dilengkapi dengan gambar yang relevan. Penggunaan gambar pada artikel SEO akan makin menarik dan membantu pengunjung untuk lebih memahami isi artikel yang dibaca. Selain itu, penggunaan gambar juga bisa dimanfaatkan untuk menambahkan alt text yang sesuai dengan artikel agar lebih mudah dideteksi oleh mesin pencari, sehingga lebih sering muncul pada SERP.

Baca Juga: 5 Cara untuk Secara Konsisten Menghasilkan Konten Berkualitas Tinggi

4 Tips Membuat Artikel SEO

Tips Membuat Artikel SEO

Setelah mengetahui pengertian dan juga ciri-cirinya, kini tiba saatnya untuk Anda mengetahui cara membuatnya. Dalam menulis artikel SEO, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Beberapa tips tersebut bisa Anda temukan pada ulasan berikut ini.

1. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Dalam menulis artikel SEO, kata kunci yang digunakan tidak boleh sembarangan. Kata kunci yang dipilih harus sesuai atau relevan dengan website Anda. Penggunaan kunci yang tidak relevan kurang disukai oleh Google, sehingga akan membuat artikel Anda sulit mendapat peringkat teratas pada hasil pencarian.

Untuk menemukan kata kunci yang relevan, Anda perlu melakukan riset kata kunci. Gunakanlah tools tambahan seperti Semrush atau Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan website Anda.

Baca Juga: 13 Kesalahan Keyword Research SEO yang Harus Dihindari

2. Perhatikan Meta Title

Meta title merupakan judul artikel yang ditampilkan pada halaman pencarian atau SERP. Meta title pada artikel SEO harus dibuat semenarik mungkin agar mendapatkan banyak klik dan juga meningkatkan traffic website Anda. Namun, judul yang ditulis harus sesuai dengan isi artikel agar tidak dianggap clickbait oleh pembaca.

Artikel dengan judul clickbait kurang disukai oleh pembaca, sehingga akan membuat kualitas website Anda dinilai buruk dan tidak kredibel. Maka dari itu, hindarilah menggunakan judul clickbait pada artikel SEO Anda.

3. Tambahkan Internal dan External Link

Penambahan internal link pada artikel SEO dapat membantu Google dalam melakukan indeks terhadap website Anda serta memahami isi dari artikel yang dibuat, sehingga kemunculannya pada halaman teratas SERP akan makin tinggi. Selain itu, internal link juga dapat membuat pengunjung betah berlama-lama berada pada website Anda.

Semenatara itu, external link dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap artikel yang Anda buat. Syaratnya, Anda harus mencantumkan external link dari sumber atau website yang terpercaya dan relevan dengan konten artikel yang dibuat.

4. Tambahkan Konten Visual

Penggunaan gambar pada artikel SEO sangat disarankan. Selain dapat meningkatkan daya tarik pembaca, konten visual seperti gambar, video, ilustrasi, ataupun yang lainnya bisa dimanfaatkan untuk membantu mengoptimasi website Anda. Caranya, sisipkan keyword yang Anda targetkan pada caption, nama file, dan juga alt text.

Usahakan ukuran file yang digunakan tidak terlalu besar, agar website Anda tidak lambat saat dibuka. Sebaiknya, lakukan compressing file terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam artikel.

Baca Juga: Memahami Pengertian dan Jenis-jenis Meta Tag

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda sudah paham bagaimana cara membuat artikel SEO yang baik dan menarik? Membuat artikel SEO memang tidaklah mudah dan perlu dilakukan berulang-ulang agar mahir. Jika Anda ingin cara yang lebih instan, serahkan saja pada ToffeeDev.

Anda bisa gunakan jasa konsultan SEO dari ToffeeDev untuk mengoptimasi website agar berhasil menempati peringkat teratas pada hasil pencarian Google. Segera hubungi  ToffeeDev sekarang juga dan dapatkan panduan lengkap untuk membuat artikel SEO yang ampuh meningkatkan posisi website Anda.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat