Kenapa Iklan TikTok Tidak Disetujui? Intip 5 Penyebab Umum dan Solusinya

kenapa iklan tiktok tidak disetujui

Dalam era digital yang terus berkembang, iklan menjadi salah satu strategi utama dalam pemasaran bisnis. Di antara berbagai platform yang tersedia, TikTok telah menjadi salah satu platform periklanan yang paling populer, khususnya di kalangan generasi muda. Namun, sering kali, pengiklan menghadapi tantangan saat iklan TikTok mereka ditolak. Lantas, kenapa iklan TikTok tidak disetujui?

Pada artikel ini, ToffeeDev akan mengulas beberapa alasan kenapa iklan TikTok tidak disetujui dan cara mengatasi masalah tersebut. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda memahami apa itu iklan TikTok dan mengapa ini penting bagi bisnis terlebih dahulu. Pelajari selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Iklan TikTok dan Mengapa Ini Penting untuk Bisnis?

Iklan TikTok adalah bentuk pemasaran berbasis video yang ditempatkan di platform berbagi video yang sangat populer saat ini, TikTok. Dengan pengguna aktif bulanan yang mencapai miliaran, TikTok menawarkan panggung global bagi merek untuk berinteraksi dengan audiens yang luas dan beragam. Jenis iklan yang dapat dibuat melibatkan berbagai kreativitas, mulai dari video singkat hingga kampanye yang terstruktur.

Apa yang membedakan TikTok dari platform lain adalah pendekatannya yang santai dan kreatif terhadap konten. Dibandingkan dengan platform tradisional, TikTok memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat dan menemukan konten yang bersifat lebih personal dan autentik. Mekanisme “scrolling” yang cepat memungkinkan iklan untuk langsung memikat perhatian pengguna dalam hitungan detik.

Banner Ads - General 2

Beberapa keunggulan yang membuat TikTok menjadi platform periklanan yang paling banyak digunakan dalam beberapa waktu ke belakang termasuk:

1. Mencapai Generasi Muda yang Aktif Digital

TikTok adalah platform berbagi video yang populer di kalangan generasi muda. Jika target pasar Anda adalah kaum milenial dan generasi Z, maka iklan TikTok dapat menjadi saluran yang sangat efektif untuk mencapai dan berinteraksi dengan audiens yang aktif secara digital.

2. Kreativitas Tanpa Batas

TikTok adalah platform yang memberikan kebebasan kreativitas tinggi. Dengan berbagai fitur menarik di dalamnya, seperti musik, efek visual, dan tantangan, iklan dapat dirancang dengan cara yang unik dan menarik; memungkinkan merek untuk menonjol di tengah maraknya konten digital.

3. Keterlibatan yang Tinggi

TikTok menawarkan tingkat keterlibatan yang tinggi karena pengguna aktif terlibat dalam membuat dan mengonsumsi konten. Dengan menempatkan iklan yang relevan dan menarik, bisnis dapat membangun koneksi yang kuat dengan audiens mereka.

Baca juga: Tips Membuat dan Memanfaatkan User Generated Content untuk Meningkatkan Engagement dan Kesadaran Merek

4. Memanfaatkan Tren dan Tantangan Viral

TikTok dikenal dengan tren dan tantangan yang sering menjadi viral, dan bahkan dapat menyebar ke media sosial lain. Dengan memanfaatkan tren terkini, iklan dapat menjadi bagian dari percakapan yang sedang berlangsung, meningkatkan visibilitas dan potensi keberhasilan kampanye.

5. Analytics dan Targeting yang Efektif

TikTok menyediakan alat analisis yang canggih dan kemampuan penargetan yang memungkinkan bisnis untuk mengukur kinerja kampanye dengan baik dan memastikan iklan mencapai audiens yang tepat.

Manfaat Marketing TikTok Untuk Merek

Alasan Umum Kenapa Iklan TikTok Tidak Disetujui

Terkadang, meskipun telah berusaha keras membuat iklan kreatif dan menarik, pengiklan dapat menghadapi penolakan dari TikTok. Ada beberapa alasan umum kenapa iklan TikTok tidak disetujui, antara lain:

1. Landing Page Tidak Sesuai Standar TikTok

Penolakan iklan sering kali terkait dengan halaman arahan yang tidak memenuhi standar TikTok. Sebuah landing page harus memastikan pengalaman pengguna yang nyaman. Jika halaman arahan mengandung kesalahan atau kedaluwarsa, tidak mobile-friendly, atau menampilkan produk yang dilarang/dibatasi, ini dapat ditolak. TikTok ingin memastikan bahwa pengguna tetap nyaman saat berinteraksi dengan halaman terkait iklan.

2. Materi Iklan Tidak Konsisten

Konsistensi antara elemen-elemen iklan, teks, gambar, dan produk yang ditampilkan di landing page adalah kunci. TikTok menilai kualitas iklan dari seberapa baik iklan mencerminkan apa yang dijanjikan. Jika video iklan mempromosikan suatu produk dan landing page menampilkan produk yang berbeda, atau jika teks dan gambar tidak sejalan, iklan tersebut kemungkinan besar akan ditolak. Konsistensi adalah landasan kepercayaan pengguna, dan TikTok memahami pentingnya menjaga konsistensi ini.

3. Bahasa yang Tidak Sesuai dengan Negara Target

TikTok memiliki persyaratan bahasa yang  berbeda tergantung pada negara target iklan. Sebagai contoh, iklan di Indonesia sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia, atau setidaknya bahasa Inggris atau daerah. Penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan negara tersebut dapat membuat iklan terasa tidak relevan dan akhirnya ditolak. Pengiklan perlu memahami preferensi bahasa masyarakat target mereka untuk memaksimalkan dampak iklan.

Banner Ads - Ebook 2

4. Masalah dengan Teks, Gambar, dan Video

Konten visual dan teks dalam iklan TikTok harus mematuhi standar dan pedoman yang ditetapkan oleh platform. Teks iklan tidak hanya harus bebas dari kesalahan ejaan atau simbol yang salah, tetapi juga harus merangsang minat pengguna. Gambar dan video harus jelas, berkualitas tinggi, dan sesuai dengan durasi yang diizinkan (5 – 60 detik). TikTok ingin memastikan bahwa iklan tidak hanya menarik secara kreatif, tetapi juga menyajikan konten dengan kualitas yang baik.

5. Konten yang Dilarang atau Dibatasi

TikTok menerapkan kebijakan yang sangat ketat terhadap jenis konten yang diperbolehkan dalam iklan. Iklan yang mengandung unsur-unsur yang dilarang seperti obat-obatan terlarang, senjata, atau konten diskriminatif akan langsung ditolak. Di Indonesia sendiri, iklan mengenai minuman beralkohol juga dilarang dan/atau dibatasi. Pengiklan perlu memastikan bahwa kontennya sesuai dengan kebijakan TikTok untuk menghindari penolakan dan menjaga integritas merek mereka.

Baca juga: Inilah 10 Tips Membuat Konten yang Menarik!

Bagaimana Cara Mengatasi Kenapa Iklan TikTok Tidak Disetujui?

Apa itu TikTok dan Mengapa Anda Harus Memasarkan Produk atau Jasa di Sana

Meskipun penolakan iklan TikTok bisa menjadi tantangan, pengiklan memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dan meningkatkan peluang disetujuinya iklan mereka. Berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi kendala-kendala yang mungkin menyebabkan penolakan iklan di TikTok.

1. Periksa dan Perbarui Landing Page Anda

Penting untuk memastikan bahwa landing page yang terhubung dengan iklan Anda memenuhi standar TikTok. Periksa apakah halaman tersebut mobile-friendly, bebas dari kesalahan, dan menyajikan konten dengan cara yang sesuai. Pastikan tidak ada elemen yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan bagi pengguna. Dengan memastikan landing page mematuhi pedoman TikTok, Anda dapat mengurangi kemungkinan penolakan.

2. Pastikan Konsistensi Konten

Sebelum mengirim iklan, pastikan bahwa konten yang dipresentasikan dalam iklan tersebut konsisten dengan apa yang dijanjikan di landing page. Hal ini mencakup konsistensi dalam teks, gambar, dan elemen visual lainnya. Memastikan konsistensi ini adalah langkah yang sangat penting untuk membangun kepercayaan pengguna dan meminimalkan risiko iklan TikTok tidak disetujui.

3. Perhatikan Persyaratan Bahasa Setiap Negara

Apabila Anda memasang iklan Anda di beberapa negara, pastikan untuk menggunakan bahasa yang memenuhi syarat dari masing-masing negara tersebut. Memeriksa dan mengikuti pedoman bahasa TikTok adalah langkah proaktif untuk memastikan bahwa iklan Anda relevan dan dapat diterima di pasar target.

4. Optimalkan Teks, Gambar, dan Video

Pastikan teks iklan bebas dari kesalahan, dan gambar serta video memiliki kualitas yang baik serta sesuai dengan pedoman TikTok. Sesuaikan durasi video sesuai dengan ketentuan platform TikTok, yaitu tidak boleh kurang dari 5 detik dan lebih dari 60 detik. Dengan memastikan elemen-elemen ini memenuhi standar, Anda dapat meningkatkan daya tarik iklan dan mengurangi risiko penolakan.

5. Periksa Konten untuk Kepatuhan

Periksa apakah iklan Anda mengandung elemen yang dilarang atau dibatasi oleh TikTok. Pastikan konten Anda memang sudah sesuai dengan kebijakan TikTok, termasuk larangan terhadap obat-obatan terlarang, senjata, minuman beralkohol, dan konten diskriminatif. Dengan memahami dan mematuhi kebijakan platform, Anda dapat memastikan iklan Anda memenuhi persyaratan TikTok.

Banner Ads - Lead Gen 2

Dalam menghadapi berbagai tantangan kenapa iklan TikTok tidak disetujui, penting bagi para pengiklan untuk memiliki dukungan yang tepat. Melibatkan diri dalam dunia pemasaran digital, terutama di platform yang dinamis seperti TikTok, membutuhkan pemahaman mendalam tentang aturan, kreativitas, dan keahlian dalam menavigasi perubahan yang cepat.

ToffeeDev, sebagai mitra pemasaran digital Anda, siap membantu mengoptimalkan kampanye iklan TikTok Anda. Dengan pengalaman yang luas dan tim ahli yang terus mengikuti tren terkini, ToffeeDev dapat memberikan solusi untuk mengatasi kenapa iklan TikTok tidak disetujui sekaligus membantu Anda merancang kampanye yang dapat memberikan hasil optimal.

Jangan biarkan kendala teknis atau kebijakan menghambat kesuksesan iklan Anda di TikTok. Segera hubungi ToffeeDev untuk mendapatkan panduan pemasaran yang terarah, konsultasi ahli, dan dukungan penuh dalam menghadapi dinamika iklan TikTok!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top