Ketahui Apa Itu Artikel SEO-Friendly dan Bagaimana Cara Membuatnya

artikel seo friendly

Bagi pemilik website baru, Anda mungkin masih awam dengan istilah artikel SEO-friendly. Ada pula website yang sudah lama berdiri, tetapi belum memahami teknik penulisan artikel sesuai kaidah SEO. Alhasil, website Anda pun tidak bisa menembus halaman pertama mesin pencarian.

Tidak ada salahnya mempelajari lebih dalam tentang artikel SEO-friendly bersama ToffeeDev. Anda pun akan mengetahui tips pembuatan artikel SEO-friendly yang tepat agar mampu menembus SERP. Simak tulisan ini sampai selesai.

Apa Itu Artikel SEO-Friendly?

apa itu artikel seo friendly

Artikel SEO-friendly adalah artikel di website yang ditulis untuk menjawab pertanyaan pengunjung website saat mencari keyword tertentu. Penulis artikel harus memasukkan keyword ke bagian penting dalam artikel, yaitu judul (heading 1), heading 2, dan isinya. 

Penempatan keyword berguna supaya algoritma mesin pencari lebih mudah memahami isi kontennya. Ketika pengguna mengetik keyword, mesin pencari akan menampilkan artikel tersebut di Search Engine Result Page (SERP). Makin relevan keyword dengan artikel, peluang untuk menembus halaman pertama pun makin besar.

Walaupun mengutamakan penggunaan keyword, artikel SEO-friendly tidak boleh mengabaikan kaidah penulisan yang benar. Lagi pula, artikel dibuat untuk dibaca oleh pengunjung website. Mereka pun akan meninggalkan page artikel tersebut apabila kualitas tulisannya jelek. Hal itu tentu bisa mencederai peluang menembus halaman pertama SERP lantaran bounce rate-nya cukup tinggi.

Tujuan Membuat Artikel SEO-Friendly

Sudah pasti tujuan pembuatan artikel SEO-friendly adalah meningkatkan ranking di SERP. Namun, Anda perlu mengetahui cara kerja algoritma mesin pencari dalam mendeteksi artikel tersebut.

Artikel yang telah selesai ditulis dan mengandung keyword di dalamnya kemudian diunggah ke blog website. Algoritma mesin pencari akan mendeteksi keyword dalam artikel tersebut sesuai daftar suggestion-nya. Artikel dengan keyword yang relevan dan sesuai search intent kemudian dimasukkan ke dalam SERP.

Peringkat artikel tersebut lebih cepat menanjak di SERP jika isi artikelnya memenuhi kaidah SEO dan isinya berkualitas. Alhasil, pengunjung website pun berdatangan dan mulai membaca artikel Anda.

3 Fungsi Artikel SEO-Friendly

Jasa SEO

Artikel SEO-friendly tidak sekadar dibuat untuk mengisi kekosongan halaman website. Banyak sekali fungsi artikel ini bagi website, yaitu:

1. Menaikkan Jumlah Pengunjung

Mayoritas pengunjung website Anda berasal dari hasil pencarian keyword di search engine. Website Anda akan diklik dan dibaca sampai tuntas apabila artikel tersebut berkualitas tinggi. Jumlah pengunjung pun bertambah apabila Anda menulis artikel sesuai search intent mereka.

2. Menambah Angka Pembelian

Pengunjung pun tertarik membeli atau menggunakan produk Anda setelah membaca artikel. Alhasil, angka pembelian di website pun meningkat sehingga bisnis Anda akan meraup lebih banyak laba.

3. Mengangkat Kredibilitas Website

Kredibilitas website bertambah apabila terdapat artikel dan content pages berkualitas di dalamnya. Mengapa? Konten tersebut menjadi penanda bahwa Anda serius dalam mengelola website. Pembaca pun akan lebih percaya dengan bisnis Anda, terutama informasi yang ditulis di dalamnya.

5 Karakteristik Artikel SEO-Friendly

karakteristik artikel seo friendly

Baik pemula maupun pemain lama di dunia website, Anda pasti bertanya-tanya mengenai ciri khas artikel SEO-friendly. Karakteristik ini tidak boleh dilewatkan saat membuat artikel untuk website. Apa saja karakteristiknya?

1. Keyword-nya Relevan dengan Topik

Teknik SEO dan keyword memiliki hubungan yang erat. Artikel SEO-friendly mengandung keyword yang relevan, tetapi menyatu dengan isinya sehingga terlihat natural dan tidak terkesan dipaksakan. Karena itu, Anda harus melakukan riset keyword dahulu untuk mengetahui topik artikel yang dibutuhkan oleh pembaca.

2. Tidak Padat Keyword (Keyword Stuffing)

Kendati keyword merupakan indikator penting, Anda harus membatasi penggunaan keyword dalam satu artikel. Jumlah maksimum keyword dalam satu artikel hanyalah 2%-3%. Apabila lebih dari itu, pengunjung tidak merasa nyaman saat membaca artikelnya. 

Selain itu, algoritma mesin pencari akan menganggapnya sebagai keyword stuffing sehingga memengaruhi performa SEO website Anda. Karena itu, perhatikanlah keyword density atau kepadatan keyword dalam satu artikel. Gunakan rumus keyword density, yaitu: (jumlah keyword dalam satu artikel) / (jumlah kata) x 100%.

3. Berkualitas Tinggi

Kualitas dalam artikel harus diperhatikan supaya pengunjung betah membaca konten Anda sampai selesai. Kualitas tersebut dilihat dari kedalaman informasi, gaya penulisan, serta relevansi artikel dengan keyword-nya. Artikel berkualitas rendah justru akan meningkatkan bounce rate dan memengaruhi ranking website di SERP.

4. Berupa Listicle

Kebanyakan artikel di halaman pertama SERP ditulis dalam bentuk listicle, artinya dibuat dalam bentuk poin-poin atau penomoran. Karakteristik ini sebenarnya tidak wajib dan bisa disesuaikan dengan topik artikel yang dibawakan. Namun, pembaca lebih tertarik pada artikel listicle karena lebih mudah dipahami.

5. Bukan Artikel Plagiat

Terakhir tetapi tidak kalah penting, artikel SEO-friendly harus bebas dari plagiarisme. Plagiarisme ternyata dapat memengaruhi ranking website di SERP. Ya, algoritma mesin pencari bisa melacak konten plagiat dengan mudah sehingga performa SEO Anda akan menurun drastis.

7 Cara Membuat Artikel SEO-Friendly

cara membuat artikel seo friendly

Apakah Anda sudah memahami karakteristik artikel SEO-friendly? Jika ya, mulailah membuat artikel di website dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Riset Keyword Dahulu

Mulailah menentukan keyword yang cocok atau relevan dengan website Anda, termasuk topik dan target audiens. Caranya, pilih keyword utama dahulu, kemudian buat keyword turunan untuk dimasukkan ke dalam artikel. Gunakan bantuan keyword tools agar bisa mengetahui keyword yang paling dicari oleh pembaca terkait bisnis Anda.

2. Tentukan Search Intent

Search intent adalah tujuan atau ekspektasi pengguna ketika mencari keyword di mesin pencari. Contohnya, saat pengguna internet menelusuri “cara menanam cabai”, mereka pasti akan mengharapkan artikel tentang menanam cabai. Search intent ini harus diterapkan dalam isi artikel, mulai dari awal paragraf hingga bagian call-to-action-nya.

3. Buat Meta Title yang Menarik

Apa perbedaan antara meta title dan judul artikel alias H1? Meta title adalah judul artikel yang tampil di SERP, sedangkan H1 hanya ditampilkan di halaman artikelnya. Meta title dan H1 tidak harus sama, malahan meta title harus lebih menarik agar pengunjung mau membacanya. 

Jangan lupa untuk menyisipkan keyword baik di meta title maupun H1 supaya algoritma mesin pencari bisa mengidentifikasi artikel Anda.

4. Buat Struktur Konten

Sebelum menulis artikel, ada baiknya Anda membuat strukturnya dahulu. Struktur konten berguna supaya isi artikelnya lebih terarah dan mudah dibaca. Buatlah struktur yang terdiri dari beberapa subheading (H2 dan H3) sesuai topik artikelnya. Setelahnya, barulah Anda bisa menulis isi artikelnya mengikuti struktur yang tersedia. 

Perhatikan kualitas penulisan agar sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang benar, minim typo, dan gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh target audiens Anda.

5. Sisipkan Gambar di Dalam Artikel

Penting sekali untuk memasukkan gambar dalam artikel, baik sebelum judul maupun dalam isi artikelnya. Pembaca akan lebih mudah memahami konten Anda karena ada gambar ilustrasinya. Gambar, terutama dokumentasi asli, bisa menjadi sarana mendapatkan backlink sehingga performa SEO pun meningkat.

6. Selipkan Anchor Text dan Internal Link

Teknik link building seperti memasukkan anchor text atau internal link tidak boleh dilewatkan. Ranking website bakal menanjak karena algoritma mesin pencari mampu mengidentifikasi situs Anda melalui link yang ditulis di dalamnya.

7. Terapkan Teknik SEO On-Page

Selain artikel, masukkan pula keyword dalam meta description dan link artikel sebagai teknik optimasi on-page. Pasalnya, mesin pencari juga mendeteksi artikel Anda dari dua indikator tersebut.

Tantangan terbesar dari tujuh tips di atas adalah mencari keyword-nya. Kadang-kadang, keyword yang diriset belum tentu cocok dengan website Anda. Kabar bagusnya, Anda bisa menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev. Kami akan membantu meriset keyword terbaik untuk website Anda. Hubungi kami melalui WhatsApp segera untuk mengenal lebih lanjut tentang jasa SEO kami.

Anda siap membuat artikel setelah mengetahui seluk-beluk artikel SEO-friendly di atas?

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat